CEK FAKTA: Tidak Benar Ban Mobil Bisa Meledak Ketika Melindas Jeruk Berisi Paku

Jumat, 20 November 2020 12:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak Benar Ban Mobil Bisa Meledak Ketika Melindas Jeruk Berisi Paku tangkapan layar informasi jeruk isi paku. istimewa

Merdeka.com - Informasi modus menyebar paku di jalan beredar di media sosial. Informasi itu menyebutkan bahwa pelaku menggunakan jeruk sebagai alat untuk melancarkan aksinya. Pelaku memasukkan paku ke jeruk tersebut. Kemudian jeruk itu disebar di jalanan.

tangkapan layar informasi jeruk isi paku

istimewa

"SEKEDAR INFORMASI..kalau ada jeruk di jalan jgn diLindes ya, klu isinya paku ban kita bisa mledak dan nabrak, terutama di tol, atw di jalan yg sepi dan hati2 ya klu udah musibah barang2 kita di ambil....SEMOGA BERMANFAAT"

Penelusuran

Penjelasan terkait kejadian jeruk berisi paku, dijelaskan dalam artikel jawapos berjudul "Sadis! Ranjau Jeruk Berisi Paku Bertebar di Jalanan Bogor" pada 28 Mei 2020.

Dalam artikel itu, korban bernama Ulung Saputra, Kades Cibadak Desa Sukamakmur, sedang membawa mobil. Ia tak sengaja melindas jeruk hingga ban mobilnya bocor. Setelah itu, Ulung sadar bahwa pelaku penyebar paku mulai menggunakan jeruk sebagai modus baru melancarkan aksinya.

“Saya aneh, saat cek ban saya yang bocor, kok diantara paku ada kulit jeruknya dan terlihat bekas jeruk,” tukasnya.

Kanit Reskrim Polsek Sukamakmur, Ipda Lilik Setyo Pamuji tak menampik adanya kegiatan kejahatan penebar paku jalan. Terlebih lagi mendekati di momentum puasa dan lebaran. Namun, untuk modus ini ia mengaku masih menyelidiki kebenarannya.

“Kami belum dapat laporan. Jika ada, ini bagian dari modus pengusaha bengkel nakal yang berniat mencari keuntungan lebih besar,” kata dia.

Kemudian, dalam artikel Kompas.com berjudul "Benarkah Jeruk Diisi Paku Bisa Pecahkan Ban?" pada 14 November 2020, dijelaskan bahwa ban kendaraan bermobil tidak mungkin meledak setelah tertusuk paku.

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal mengatakan, jika informasi tersebut tidak benar atau hoaks.

Menurutnya, ban dibuat dengan kekuatan yang sudah diperhitungkan dengan teliti terlebih untuk ban kendaraan roda empat.

“Ban itu tidak gampang meledak, memangnya balon gas. Di telapak ban (kalau ban melindas sesuatu, berarti telapak ban nya yang melindas ya? (Di situ) ada sabuk baja,” kata Zulpata kepada Kompas.com, Jumat (13/11/2020).

Tidak hanya sabuk baja, Zulpata juga mengatakan, ada juga benang polyester bahkan kadang di atasnya lagi juga ada nilon.

“Jadi (konstruksi) ban itu sangat kuat sekali, (sangat) susah kalau sampai menusuk telapak ban,” tuturnya.

Kalau pun sampai menusuk, Zulpata melanjutkan, tidak akan mungkin ban seketika meledak seperti balon yang ditusuk paku.

“Tidak mungkin kayak balon gas ditusuk paku (meledak) duar gitu, yang ada kempis saja,” kata Zulpata.

Zulpata mengatakan, ban memiliki sejumlah lapisan yang mampu menahan tusukan benda tajam yang ada di jalan.

“Di telapak ban itu ada lapisan polyester ditambah dua lapis sabuk baja ditambah satu lapis nilon lagi di atasnya, ditambah lapisan karet telapak,” ucapnya.

Kesimpulan

Informasi modus jeruk berisi paku yang disebar di jalanan memang benar. Namun kejadiannya pada tahun 2017 di Bogor, Jawa Barat.

Kemudian, ban kendaraan bermobil tidak akan meledak ketika tak sengaja melindas ranjau paku. Kemungkinan ban hanya mengalami kempis saja. Karena ban dibuat dengan kekuatan yang sudah diperhitungkan dengan teliti terlebih untuk ban kendaraan roda empat.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini