CEK FAKTA: Tidak Benar Amerika Serikat Legalkan Pengiriman Anak Via Pos

Senin, 3 Oktober 2022 17:08 Reporter : Merdeka
CEK FAKTA: Tidak Benar Amerika Serikat Legalkan Pengiriman Anak Via Pos CEK FAKTA: Tidak Benar Amerika Serikat Legalkan Pengiriman Anak Via Pos. ©Facebook

Merdeka.com - Sebuah narasi tentang pengiriman anak melalui pos di Amerika Serikat beredar di media sosial. Akun Facebook, Creepy ID pada 17 Mei 2021 pernah mengunggah hal tersebut.

Narasi itu kembali beredar di Facebook melalui akun Creepy ID.

“Tahukah Kamu? Pada tahun 1913 pengiriman anak melalui kantor pos dilegalkan di Amerika Serikat,” tulis akun tersebut pada 9 Juni.

Dalam unggahan itu tampak sosok pria memegang sebuah tas berisi seorang anak.

Dalam captionnya, akun tersebut menjelaskan bahwa layanan pos di AS melegalkan pengiriman bayi pada 1913. Bayi pertama, Nancy Pope dikirim ke rumah sang nenek yang berjarak satu mil akibat perceraian kedua orang tuanya.

Bayi kedua yang dikirim melalui pos adalah Fla. Anak berusia enam tahun dipaketkan dengan jarak sejauh 720 mil.

cek fakta tidak benar amerika serikat legalkan pengiriman anak via pos
©Facebook

Penelusuran

Dilansir dari kompas.com, foto tersebut dapat ditemukan di situs berbagi gambar, Flickr yang diunggah oleh Smithsonian Institution.

Foto versi cetak tersebut kini disimpan di Museum Pos Nasional. Diketahui gambar tersebut hanyalah sekadar pose lucu.

Kurator dan sejarawan Nancy Pope pernah menulis mengenai pengiriman bayi melalui pos di laman edukasi Smitshsonian.

Dalam catatannya, pengiriman anak pertama kali terjadi pada Januari 1913. Untuk menitipkan anaknya di kereta pengiriman, orang tuanya membayar stampel dan asuransi.

Hal tersebut berlanjut pada 27 Februari 1913 hingga 19 Februari 1914. Saat itu, biaya yang dikeluarkan untuk membeli stempel dan asuransi perjalanan, lebih murah dibanding biaya transportasi umum.

Praktik ini kemudian resmi dilarang di AS pada 1915.

Ternyata, Nancy Pope, dalam tulisannya tidak ditemukan pernyataan bahwa praktik ini pernah dilegalkan di AS.

Tindakan pengiriman anak melalui pos ini dapat terjadi karena belum adanya regulasi yang mengatur hal tersebut.

Oleh karena itu, ketika ada bukti bahwa anak-anak memang dikirim melalui pos, kepala kantor pos mengirim memo pada tahun 1914 yang berisi larangan pengiriman manusia melalui pos.

Kesimpulan

Narasi dilegalkannya pengiriman manusia melalui pos di Amerika Serikat adalah tidak benar. Saat itu memang terjadi praktik tersebut tetapi belum ada regulasi yang melarang atau memperbolehkan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/09/30/155623382/klarifikasi-pengiriman-anak-melalui-pos-di-amerika-serikat?page=all#page2

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini