CEK FAKTA: Poster dan Link Pendaftaran Resmi CPNS Kemenkumham? Simak Faktanya

Kamis, 27 Mei 2021 17:30 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Poster dan Link Pendaftaran Resmi CPNS Kemenkumham? Simak Faktanya Suasana Tes CPNS Kemenkum HAM. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Beredar sebuah flyer dan infografis di media sosial terkait proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham) tahun 2021.

Dalam flyer yang beredar tersebut, diinformasikan pembukaan pendaftaran CPNS dimulai pada 31 Mei hingga 21 Juni 2021. Kemudian disertakan juga link pendaftaran dan pendaftaran tidak dipungut biaya atau gratis.

Ayo Putra/ Putri Terbaik Bangsa Mari bergabung dengan kami Sebagai Insan Pengayoman

Daftarkan diri kalian melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2021

Daftar secara online di:
https://sscasn.bkn.go.id
Tanggal pendaftaran:
31 Mei – 21 Juni 2021

Gratis
Tidak Dipungut Biaya

Penelusuran

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto, mengatakan Kemenkumham secara resmi belum menyampaikan informasi apa pun tentang proses seleksi CPNS tersebut.

"Memang benar kami akan menyelenggarakan proses penerimaan CPNS, tetapi sampai saat ini kami belum sekali pun secara resmi menyampaikan informasi terkait hal tersebut kepada publik," kata Andap dalam keterangan tertulisnya dilansir dari Liputan6.com.

Andap mengakui informasi soal pendaftaran CPNS yang telah beredar di media sosial memang tidak dapat sepenuhnya disalahkan tetapi tidak sepenuhnya dibenarkan. Menurut Andap, informasi yang beredar saat ini tidak disebarkan oleh akun resmi kemenkumham karena memang belum waktunya.

Kendati tidak ada unsur penipuan dalam info tersebut, Andap meminta masyarakat berhati-hati karena bisa saja berpotensi penipuan.

“Terkait beragam informasi mengenai penerimaan CPNS Kemenkumham, saya meminta masyarakat untuk berhati-hati agar tidak tertipu oleh oknum yang memanfaatkan momen ini,” ungkap Andap lebih jauh.

Informasi CPNS di Kemenkumham sendiri akan dikeluarkan secara resmi pada 30 Mei 2021. Pengumuman bisa diakses melalui akun-akun resmi terverifikasi, yakni web resmi Kemenkumham seperti cpns.kemenkumham.go.id, atau akun resmi di Instagram, yaitu @cpns.kumham dan @kemenkumhamri.

Sedangkan informasi yang dikeluarkan selain dari web atau akun yang telah disebutkan bisa dikatakan palsu. Sebagai contoh untuk Instagram, beberapa informasi palsu di antaranya berasal dari @cpns_kumham, @cpnskumham, @info.cpnskumham, dan lain-lain.

Sementara itu, Kemenkumham melalui akun media sosial Instagramnya juga menjelaskan secara resmi Kemenkumham belum menyampaikan informasi apapun tentang proses seleksi CPNS.

cek fakta poster dan link pendaftaran resmi cpns kemenkumham simak faktanya
Instagram Kemenkumham

"Kemenkumham secara resmi belum menyampaikan informasi apapun tentang proses seleksi CPNS Kemenkumham yaa

Informasi penerimaan CPNS Kemenkumham secara resmi hanya akan disampaikan dalam web resmi kemenkumham yaitu: cpns.kemenkumham.go.id, atau akun resmi media sosial (instagram) yaitu @cpns.kumham dan @kemenkumhamri

Sehubungan dengan beragam informasi mengenai penerimaan CPNS Kemenkumham, #sahabatpengayoman harus berhati-hati agar tidak tertipu oleh oknum yang memanfaatkan momen ini yaa." tulis Instagram @kemenkumhamri pada 23 Mei 2021.

Kesimpulan

Informasi penerimaan CPNS secara resmi hanya akan disampaikan dalam web resmi kemenkumham yaitu: cpns.kemenkumham.go.id, atau Instagram @cpns.kumham dan @kemenkumhamri.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.instagram.com/p/CPOCGa0pxph/
https://www.liputan6.com/bisnis/read/4564776/hati-hati-penipuan-penerimaan-cpns-kemenkumham [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini