CEK FAKTA: PLN Bantah Padamkan Listrik Mulai Januari 2022 Akibat Krisis Batu Bara

Jumat, 7 Januari 2022 15:06 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: PLN Bantah Padamkan Listrik Mulai Januari 2022 Akibat Krisis Batu Bara Pembangkit listrik. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar unggahan di media sosial menginformasikan akan ada pemadaman listrik secara meluas mulai 5 Januari 2022 oleh PLN. Disebut, penyebabnya akibat krisis pasokan batubara.

Dalam akunnya terdapat unggahan gambar berjudul "PLN Krisis Pasokan Batubara, Januari 2022 Dipastikan Padam". Akun itu juga menambahkan narasi "Ujung Ujung Yah Listrik Naek".

pln bantah padamkan listrik mulai januari 2022 akibat krisis batu bara
liputan6.com

Penelusuran

Hasil penelusuran, dilansir dari Liputan6.com, Agung MurdifiExecutive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN menyebut postingan tersebut tidak benar.

"Tidak ada pemadaman. Saat ini kebutuhan batubara juga sudah terpenuhi," kata Agung saat dihubungi Rabu (5/1/2022).

"Terlebih selama ini kalau memang mau ada pemadaman apalagi yang meluas pasti ada pengumumannya terlebih dahulu. Kecuali kalau ada kebakaran atau hal-hal lain yang sifatnya darurat," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, dikutip dari situs PLN pada 5 Januari 2022, PT PLN (Persero) memastikan tidak ada pemadaman listrik akibat kritis pasokan energi primer. PLN terus berupaya menjaga stabilitas pasokan energi primer khususnya batu bara agar dapat memenuhi standar minimal 20 HOP (hari operasi) untuk seluruh pembangkit PLN maupun IPP usai terbitnya kebijakan strategis Pemerintah yang mengutamakan pemenuhan pasokan energi primer untuk kebutuhan nasional.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengungkapkan, langkah cepat dan tegas pemerintah sangat membantu PLN dalam memastikan ketersediaan energi primer.

"PLN merasakan kebanggaan luar biasa bahwa dalam menghadapi krisis energi ini kami tidak dalam kesendirian. Seluruh kekuatan bangsa ini bergabung bahu membahu menunjukkan semangat juang dan kekompakan untuk mengatasi permasalahan ini secara permanen," tutur Darmawan.

Dengan dukungan penuh dari Pemerintah, hingga Senin (3/1), PLN telah mendapatkan tambahan komitmen pasokan batu bara untuk bulan Januari 2022 sebesar 3,2 juta ton dari total rencana 5,1 juta ton.

Tambahan komitmen pasokan batu bara ini didapat dari para pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Dengan kondisi pasokan yang belum sepenuhnya aman, PLN akan memprioritaskan penyaluran batu bara bagi pembangkit-pembangkit listrik dengan level Hari Operasi-nya (HOP) rendah.

Pengiriman dan pembongkaran batu bara yang dilakukan PLN telah dilakukan dengan cepat, efisien dan efektif untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Namun PLN menegaskan bahwa masa kritis ini belum terlewati. PLN mengerahkan semua sumber daya yang dimiliki dan menjalin koordinasi dengan Kementerian ESDM serta para pemangku kepentingan lainnya yang terkait rantai pasok batu bara. Hal ini dilakukan demi mengamankan pasokan batu bara hingga mencapai minimal 20 HOP.

Pemerintah telah menegaskan bahwa kebutuhan batu bara untuk seluruh pembangkit listrik PLN merupakan kepentingan nasional yang harus didahulukan oleh setiap pemegang IUP dan IUPK. Hal ini sesuai dengan amanat Pasal 33 UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan terkait dalam rangka digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, termasuk dalam hal ini pemenuhan energi primer untuk keandalan operasi PLN.

Kesimpulan

PT PLN (Persero) memastikan tidak ada pemadaman listrik akibat kritis pasokan energi. PLN telah mendapatkan tambahan komitmen pasokan batu bara untuk bulan Januari 2022 sebesar 3,2 juta ton.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://web.pln.co.id/media/siaran-pers/2022/01/strategi-pln-amankan-pasokan-batu-bara
https://web.pln.co.id/media/siaran-pers/2022/01/dapat-tambahan-pasokan-32-juta-ton-batu-bara-pln-optimalkan-untuk-jaga-listrik-tak-padam
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4853434/cek-fakta-klarifikasi-pln-bakal-padamkan-listrik-meluas-mulai-5-januari-2022-akibat-krisis-pasokan-batu-bara

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini