CEK FAKTA: Penjelasan Foto Awan Bentuk Angka 2 Untuk Dukungan Paslon Pilwalkot Depok

Rabu, 9 Desember 2020 17:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Penjelasan Foto Awan Bentuk Angka 2 Untuk Dukungan Paslon Pilwalkot Depok Calon Walikota Depok Mohammad Idris Mencoblos di TPS 14 Jatimulya. ©2020 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Sebuah foto awan berbentuk angka dua beredar di media sosial. Foto tersebut dikaitkan dengan pasangan calon nomor urut 02, Mohammad Idris Somad-Imam Budi Hartono dalam Pilwalkot Depok.

foto awan berbentuk angka dua
istimewa

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, foto tersebut sudah beredar sejak 2019 lalu. Dalam artikel Pojok Satu Bogor berjudul "Beredar di Dunia Maya, Awan Nomor 2 di Bogor “Salam Alam Raya””" pada 17 April 2019, dijelaskan bahwa foto tersebut sudha beredar saat Pilpres tahun 2019.

Proses Pemilu 2019 masih berjalan di wilayah Bogor hingga detik ini, Rabu (17/4/2019). Masyarakat pun masih menunggu kepastian hasil suara pehitungan semetara siapakah Paslon yang unggul sementara waktu ini berdasarkan perhitungan cepat.

Namun, di tengah belum kepastian itu, ada saja tingkah warganet yang cukup menggelitik, yakni postingan foto nomor 2 yang identik dengan Paslon Nomor Urut 2 Prabowo-Sandi.

Hingga berita ini dinaikkan, sudah sekitar 595 warga membagikan postingan ini.

Hal ini diungkap 0leh akun Facebook Jempol Indonesia.

“Hari ini di Bogor Prabowo SubiantoSandiaga Uno dapat salam dari Alam Raya….. SELAMAT YA PAK semoga amanah,”tulisnya.

Hingga berita ini dinaikkan, belum ada keterangan resmi dari pihak-pihak terkait.

Foto serupa juga sempat beredar di akun Facebook Viral Video pada 25 Februari 2019.

foto awan berbentuk angka dua
istimewa

Kesimpulan

Foto awan berbentuk angka dua dan dikaitkan dengan pasangan calon nomor urut 02, Mohammad Idris Somad-Imam Budi Hartono dalam Pilwalkot Depok adalah hoaks. Foto tersebut sudah beredar sejak 2019 lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini