CEK FAKTA: Kematian Ratu Elizabeth sudah Diprediksi Kartun Keluarga Ini?

Rabu, 21 September 2022 11:00 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Kematian Ratu Elizabeth sudah Diprediksi Kartun Keluarga Ini? Semarak perayaan platinum jubilee Ratu Elizabeth II di London. ©Paul Grover/Pool via REUTERS

Merdeka.com - Viral narasi menyebutkan kematian Ratu Elizabeth II sudah diprediksi oleh serial kartun The Simpsons. Dalam video pendek yang diunggah di YouTube terlihat perempuan berambut putih berada di sebuah ruangan

Video itu kemudian memperlihatkan perempuan berambut putih yang diklaim sebagai ratu tampak berada di peti mati. Dalam peti mati setengah terbuka itu terdapat tulisan "Elizabeth II 1926-2022" di belakangnya.

Terdapat juga narasi di video tersebut yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

"Prediksi kematian Ratu Elizabeth dalam The Simpsons"

cek fakta kematian ratu elizabeth sudah diprediksi kartun keluarga ini
YouTube

Penelusuran

Hasil penelusuran melansir dari Antara, video singkat di YouTube itu yang memperlihatkan tokoh kartun perempuan berambut putih berada di sebuah ruangan merupakan gambar asli dalam salah satu episode serial The Simpsons.

Episode The Simpsons yang menayangkan sosok Ratu Inggris Raya itu dapat dilihat pada konten YouTube berjudul "The Simpsons Homer nearly kill the Queen of England" yang diunggah 17 April 2018.

Selama penayangan serial The Simpsons, sosok Ratu Elizabeth II telah hadir dalam enam episode, tapi tidak ditampilkan dalam keadaan meninggal, termasuk dalam peti.

Episode-episode The Simpsons yang menampilkan tokoh Ratu Elizabeth II dapat dilihat pada situs khusus yang didedikasikan untuk serial asal Amerika Serikat itu.

Kesimpulan

Video yang mengklaim kematian Ratu Elizabeth II sudah diprediksi oleh serial kartun The Simpsons adalah tidak benar dan hasil editan.

Kartu tersebut penah menayangkan sosok Ratu Elizabeth II, namun tidak ditampilkan dalam keadaan meninggal, termasuk dalam peti.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=bQ-GmASfLkQ
https://www.antaranews.com/berita/3129229/hoaks-the-simpsons-prediksi-kematian-ratu-elizabeth-ii-pada-2022

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini