CEK FAKTA: Jokowi Jenguk Lesti Kejora di Rumah Sakit?

Selasa, 4 Oktober 2022 13:22 Reporter : Merdeka
CEK FAKTA: Jokowi Jenguk Lesti Kejora di Rumah Sakit? Foto Lesti Kejora Terbaru.. ©Instagram/lestykejora

Merdeka.com - Sebuah video beredar mengeklaim Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menjenguk Lesti di rumah sakit.

Klaim itu juga mengungkapkan tidak ada Rizky Billar yang menemani Lesti di sana.

Video tersebut diunggah oleh salah satu kanal YouTube, CCTV Seleb dengan judul
"HARI INI || PRESIDEN JOKOWI JENGUK LESTI KEJORA DIRUMAH SAKIT TANPA KEHADIRAN RIZKY BILLAR !"

Narator dalam video mengutip tulisan dari kompas.com yang berbunyi, "Lesti Kejora hampir dua hari terakhir ini menjalani perawatan di salah satu rumah sakit usai diduga mengalami KDRT dari suaminya, Rizky Billar. Hal tersebut dikonfirmasi oleh kuasa hukum Lesti Kejora dan Rizky Billar, Sandy Arifin, saat ditemui di kawasan Jakarta Barat."

Narator juga menambahkan narasi bahwa Jokowi akan menyempatkan waktu untuk menjenguk artis jebolan kontes dangdut tersebut.

"Mendengar kasus KDRT Lesti Kejora, Presiden Jokowi merasa kekerasan rumah dalam rumah tangga harus ditindaklanjuti dengan tegas secara hukum.
Presdien juga menyinggahkan waktu untuk menjenguk sang penyanyi dangdut tersebut ke rumah sakit," imbuhnya.

Dalam durasi tiga menit, video menampilkan potongan-potongan dokumentasi, di antaranya Jokowi ketika bersama sosok yang mengenakan rompi kementerian PUPR Binamarga, Jokowi tampak mendatangi kamar rawat inap di rumah sakit, hingga foto-foto Lesti Kejora yang tampak sedang menangis.

Sejak diunggah pada 3 Oktober lalu, saat ini konten tersebut telah dilihat lebih dari 500 ribu kali dan mendapat 4 ribuan likes.

cek fakta jokowi jenguk lesti kejora di rumah sakit

Penelusuran

Mula-mula tim cek fakta mencari narasi tentang Jokowi yang akan menjenguk Lesti melalui kata kunci terkait di laman pencarian Google. Hasilnya tidak ditemukan sumber kredibel mana pun yang menerbitkan klaim pernyataan Jokowi akan menjenguk Lesti Kejora.

Penelusuran juga dilakukan dengan cara mengunggah potongan video melalui situs Yandex. Hasilnya, video pertama merupakan momen ketika Jokowi meninjau rumah sakit darurat corona yang pernah diunggah oleh kanal CNN Indonesia dua tahun lalu.

Akun resmi Sekretariat Presiden juga mengunggah video serupa dengan judul "Presiden Jokowi Tinjau RS Darurat Penanganan Covid 19 Wisma Atlet, Jakarta, 23 Maret 2020".

Kemudian, foto sosok wanita mengenakan masker berhijab hitam merupakan potret ketika Lesti melahirkan anaknya di rumah sakit.

Foto itu kemudian disunting dan disandingkan dengan potret Jokowi saat memantau persiapan di stasiun MRT.

Dilansir dari cekfakta.com, foto tersebut didapat dari arsip laman bumntrack.co.id berjudul "Anies Baswedan: Dua Pekan ini Adalah Penentuan" yang diunggah 27 Mei 2020.

Keterangan foto menyebut, “… Presiden Jokowi ketika meninjau kesiapan fasilitas umum di Stasiun MRT, bundaran Hotel Indonesia, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (26/5).”

Hasil suntingan kedua foto ini kemudian dijadikan sebagai thumbnail video YouTube.

Narasi video menyebut Presiden Jokowi menjenguk wanita berusia 23 tahun tersebut, tetapi video yang disebarkan tidak menampilkan kegiatan dari klaim tersebut.

Kesimpulan

Sebuah video yang menampilkan dan mengeklaim Jokowi jenguk Lesti Kejora adalah hoaks. Foto dalam thumbnail merupakan hasil suntingan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://amp.kompas.com/hype/read/2022/09/30/155346666/alami-dugaan-kdrt-dari-rizky-billar-lesti-kejora-dirawat-di-rumah-sakit
https://www.youtube.com/watch?v=juObPmuRrFI
https://www.youtube.com/watch?v=AmWb-1UDc1s
https://cekfakta.com/focus/10618
https://bumntrack.co.id/anies-baswedan-dua-pekan-ini-adalah-penentuan/

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini