CEK FAKTA: Hoaks Video Tentara Turki Saat Tiba di Palestina

Sabtu, 15 Mei 2021 18:27 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Video Tentara Turki Saat Tiba di Palestina Tank-tank Turki. ©2019 REUTERS/Stoyan Nenov

Merdeka.com - Sebuah video yang menyebutkan tentara Turki menggunakan tank beredar di media sosial. Video berdurasi 1 menit 32 detik itu disebut-sebut saat Tentara Turki tiba di Palestina.

video tentara turki di palestina
istimewa

"Ketibaan pejuang turqy di tanah palestina".

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel medcom berjudul "[Cek Fakta] Video Pasukan Turki Tiba di Palestina? Ini Faktanya" pada 14 Mei 2021, dijelaskan bahwa kedatangan Tentara Turki bukan di Palestina.

Dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom, klaim video pasukan militer Turki tiba di Palestina untuk membantu melawan pasukan militer Israel adalah salah. Faktanya, video tersebut adalah pasukan militer Turki yang akan bertempur dalam Operasi Ranting Zaitun melawan pemberontak Kurdi.

Video tersebut diunggah di kanal youtube Aksu TV Haber dengan judul "Kahramanmara’ta Mehmetcie sevgi seli" pada 14 Februari 2018.

Dalam keterangan video tersebut warga menyambut konvoi militer di daerah perbatasan dalam Operasi Ranting Zaitun. Warga mengadakan upacara perpisahan di pusat distrik Pazardzhik, Kahramanmaras.

Dilansir dari voaindonesia.com, Turki melancarkan operasi “Ranting Zaitun” pada 20 Januari menyerang milisi Satuan Perlindungan Rakyat Kurdi Suriah, YPG,di wilayah kantong Afrin, mendukung pasukan oposisi Suriah dengan serangan udara dan pasukan darat. Presiden Recep Tayyip Erdogan telah mengancam akan meluaskan serangan terhadap YPG ke Manbij, yang terletak di timur Afrin.

Hubungan antara Ankara dan Washington memburuk sejak Turki melancarkan operasi militer itu. Amerika menyerukan Turki untuk menahan diri dan menyatakan kekhawatiran mengenai dampaknya terhadap perang melawan ISIS.

Salah satu isu yang menegangkan hubungan kedua negara adalah fakta bahwa Amerika mempersenjatai milisi YPG sejak tahun lalu, dalam pertempuran melawan ISIS.

Kesimpulan

Video yang disebut-sebut saat Tentara Turki tiba di Palestina adalah hoaks. Video sudah beredar sejak 14 Februari 2018, atau saat warga menyambut konvoi militer Turki di daerah perbatasan dalam Operasi Ranting Zaitun.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini