CEK FAKTA: Hoaks Uya Kuya Hipnotis Wapres Ma'ruf Amin

Jumat, 3 Juli 2020 10:53 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Uya Kuya Hipnotis Wapres Ma'ruf Amin hoaks uya kuya hipnotis wapres maruf amin. Kominfo

Merdeka.com - Sebuah foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin sedang dihipnotis oleh pembawa acara Uya Kuya beredar di media sosial Facebook dan Twitter. Dalam foto tersebut terdapat tulisan seolah Uya menanyakan pada Ma'ruf Amin, "saya mau bapak jujur, selama ini kerjanya ngapain aja?"

Kemudian tulisan selanjutnya "Saya Cuma Tau Tol LANGIT".

hoaks uya kuya hipnotis wapres maruf amin

Kominfo

Pengunggah foto itu menuliskan narasi berikut:

"Uya Kuya'
Saya Coba Akan Menghipnotis Untuk Menguji Kejujuran Pak Ma'ruf Amin Apakah Beliau Tau Tentang RUU HIP Yang Ngotot Di Usulka PARTAI BANTENG Yang Ingin Mengganti PANCILA Dan Menyetujui Tentang RUU HIP itu???
Jawabannya Cukup Kalian Yang Bisa Menilai".

Penelusuran

Foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin sedang dihipnotis oleh Uya Kuya merupakan gambar suntingan. Dalam artikel medcom.com berjudul "[Cek Fakta] Ma'ruf Amin Dihipnotis Uya Kuya Hoaks, Ini Faktanya?" pada 2 Juli 2020, dijelaskan bahwa foto tersebut hasil suntingan dari dua foto yang berbeda.

Foto Uya Kuya yang tengah merangkul Ma'ruf Amin faktanya berasal tangkapan layar video yang diunggah akun Youtube Ini Talk Show. Video berjudul "Dihipnotis Uya Kuya, Ternyata Sule Cari Sensasi Biar Trending" memperagakan Uya Kuya sedang menghipnotis komedian dan pembawa acara Ini Talk Show Sule.

Video yang diunggah pada 24 Oktober 2019 itu mendapatkan 2,1 juta penonton di Youtube.

uya kuya hipnotis sule

youtube

Sementara, foto Ma'ruf Amin memakai masker berwarna hitam ditemukan serupa di artikel Inews.id berjudul "Wapres Ma'ruf Amin Ungkap 2 Alasan Pemerintah Batal Berangkatkan Haji 2020". Artikel tersebut dibuat pada 8 Juni 2020.

maruf amin dalam berita inews

inews

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin angkat bicara mengenai kritikan sebagian pihak terkait keputusan pemerintah yang membatalkan keberangkatan haji 2020. Pemerintah, menurut dia, memiliki pertimbangan terkait hal tersebut

Ma'ruf mengungkapkan, salah satu alasannya karena waktu persiapan yang terbilang pendek. "Memang belum ada pemberitahuan (pembatalan) resmi dari pihak Arab Saudi, dan tidak mungkin juga (karena) jaraknya sudah pendek. Memberangkatkan lebih dari 210 ribu jemaah dengan persiapan yang pendek itu tidak mungkin," katanya dalam telekonferensi pers dari Jakarta, Senin (8/6/2020).

Selain itu, Ma'ruf mengatakan, faktor keamanan dalam perjalanan haji juga menjadi pertimbangan pemerintah untuk membatalkan keberangkatan jemaah haji di tengah pandemi Covid-19. Perjalanan para jemaah menuju Tanah Suci dan kembali lagi ke Indonesia memiliki risiko tinggi terhadap penularan Covid-19.

"Di samping itu, keamanan di jalan tidak bisa terjamin untuk tidak terjadi penularan Covis-19. Kalau terjadi penularan, kemudian satu pesawat harus masuk karantina semua, maka itu justru akan menyulitkan; belum lagi nanti tawaf-nya," tuturnya.

Kesimpulan

Foto saat Ma'ruf Amin dihipnotis Uya Kuya adalah hoaks. Foto tersebut merupakan penggabungan dari dua gambar berbeda.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini