CEK FAKTA: Hoaks Surat Panggilan Calon Karyawan PT Pertamina DIY dan Surakarta

Jumat, 28 Agustus 2020 11:09 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Surat Panggilan Calon Karyawan PT Pertamina DIY dan Surakarta hoaks surat panggilan pt pertamina. ©2020 Liputan6.com

Merdeka.com - Beredar surat panggilan seleksi calon karyawan PT Pertamina untuk Daerah Istimewa Yogyakarta dan Surakarta.

Dalam surat tersebut tes seleksi calon karyawan Pertamina diadakan di Kantor Pertamina Marketing Branch DIY dan Surakarta di Yogyakarta pada tanggal 29-30 Agustus 2020.

Selain calon karyawan diminta membawa surat panggilan tes interview, identitas diri, dan pas foto terbaru.

Bagi mereka yang dinyatakan lulus maka akan langsung tes kesehatan pada keesokan harinya di tempat yang belum diinformasikan

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri surat panggilan seleksi calon karyawan PT Pertamina untuk daerah Yogyakarta dan Surakarta. Hasilnya, menurut Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman. Dia menyatakan surat panggilan tersebut tidak benar.

"Kami memang belum membuka lowongan baru saat ini. Selain itu kami juga selalu menginformasikan lowongan melalui akun media sosial resmi Pertamina dan website recruitment.pertamina.com," ujar Fajriyah saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (27/8).

Fajriyah menyatakan sudah banyak penipuan dengan modus surat panggilan seperti ini. Kami selalu melaporkannya kepada Kominfo terkait penipuan tersebut.

"Yang jelas PT Pertamina tak pernah memakai pihak ketiga untuk perekrutan karyawan dan tak pernah memungut biaya calon karyawan. Kami berharap masyarakat tidak mudah percaya dengan surat panggilan atau lowongan dari PT Pertamina. Jika memang ragu bisa menghubungi kami di 1-500-000."

Kesimpulan

Surat panggilan seleksi calon karyawan PT Pertamina untuk daerah Yogyakarta dan Surakarta adalah hoaks. Sampai saat ini Pertamina belum membuka lowongan untuk karyawan baru. Pertamina selalu menginformasikan lowongan melalui akun media sosial resmi dan juga website recruitment.pertamina.com.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini