CEK FAKTA: Hoaks Menteri Agama Yaqut Cholil Tidak Lulus SMA

Selasa, 29 Desember 2020 14:31 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Menteri Agama Yaqut Cholil Tidak Lulus SMA Sertijab Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. ©Biropers Kemenag

Merdeka.com - Informasi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tidak lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) beredar di media sosial.

Salah satunya akun Facebook Dina E Aziz yang mengunggah sebuah tangkapan layar berisi narasi sebagai berikut:

"berani tidak menag tunjukan ijazah SMA nya? kami sangat yakin lima juta persen tidak akan pernah berani karena tidak punya ijazah sma."

hoaks menteri agama yaqut cholil tidak lulus sma
©Istimewa

Penelusuran

Hasil penelusuran, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas adalah lulusan SMA Negeri 2 Rembang tahun 1993. Melalui akun Facebook, SMA Negeri 2 Rembang mengucapkan selamat atas terpilihnya Yaqut Cholil Qoumas menjadi menteri agama.

"Selamat dan sukses kepada H. Yaqut Cholil Qoumas (Gus Tutut) atas terpilihnya menjadi Menteri Agama Republik Indonesia. Gus Tutut adalah alumnus SMA Negeri 2 Rembang Tahun 1993.

Kami segenap warga SMA Negeri 2 Rembang ikut bangga dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya. Semoga Gus Tutut dapat mengemban amanah dalam menjalankan tugas baru sebagai Menteri Agama Republik Indonesia."

Sementara itu dilansir dari Liputan6.com, pendidikan Yaqut dimulai dari SDN Kutoharjo lulus pada 1987. Kemudian lanjut ke SMPN 11 Rembang lulus pada 1990.

Yaqut pun melanjutkan pendidikan SMA di SMAN II Rembang dan lulus pada 1993. Kemudian kuliah Sarjana mengambil jurusan Sosiologi di Universitas Indonesia atau UI.

Saat menempuh studi di UI, Yaqut juga aktif di organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Depok sebagai salah seorang pendirinya pada 1996-1999.

Kesimpulan

Menteri Agama Yaqut tidak lulus SMA adalah hoaks. Faktanya, Yaqut menyelesaikan pendidikan SMAnya di SMA Negeri 2 Rembang dan lulus pada tahun 1993.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini