CEK FAKTA: Hoaks JNE Wajibkan Biaya Layanan Asuransi Kirim Barang

Selasa, 25 Agustus 2020 15:25 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks JNE Wajibkan Biaya Layanan Asuransi Kirim Barang Pengiriman Barang JNE. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar pesan singkat yang mengatasnamakan JNE dengan dalih pelanggan harus membayar layanan asuransi JNE. Dalam pesan tersebut, pelanggan diminta untuk membayar sejumlah uang tertentu selama masa PSBB.

Bermula dari unggahan akun @dewillwy melaporkan sebuah pesan singkat yang mengatasnamakan JNE dengan dalih meminta biaya asuransi senilai jutaan rupiah.

Berikut narasinya:

@JNECare saya mendapat chat wa seperti ini, mohon konfirmasinya apakah pernyataan ini benar?
Karena memang sebelumnya saya ada transaksi pembelian sembako 5 dus, tapi barangnya belum dikirimkan.

Pesan tersebut bernarasi:

Barang yang dikirim melalui jasa Jalur (JNE), pihak JNE menyediakan layanan asuransi bagi para pelanggan. Dengan asuransi tersebut, Setiap Barang Yang Berjumlah 5 Dus Harus Melengkapi Asuransi Selama PSBBKarnah Barang ditahan dalam pengiriman jika tidak menyertai dengan Asuransi selaku pelanggan dibebankan untuk semnetara sesuai aturan yang diberlakukan oleh JNE mengurus biaya asuransi sementara senilai rp1.750.000 dan biaya asuransi ini hanya biaya yang bersifat semnetara yang dibebankan kepada pemilik barang.

hoaks biaya asuransi jne

Twitter

Penelusuran

Cek Fakta merdeka.com menelusuri klaim biaya layanan asuransi yang diwajibkan oleh JNE. Melalui akun Twitterya, @JNECare, pihak JNE menjelaskan informasi tersebut tidak benar.

Kepada masyarakat diminta untuk lebih berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan JNE.

hoaks biaya asuransi jne

Twitter

"Siang kak, terkait info tersebut tidak benar kak. Mohon waspada terhadap modus penipuan yg mengatasnamakan JNE ya karena untuk biaya asuransi hanya 0,2% dari harga barang+biaya admin Rp 5.000 (biaya asuransi tdk dikembalikan) kak."

Kesimpulan

Klaim pelanggan harus membayar layanan asuransi JNE selama PSBB adalah hoaks. Pihak JNE menjelaskan untuk biaya asuransi hanya 0,2 persen dari harga barang+biaya admin Rp5.000

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. JNE
  4. Hoaks
  5. Ragam Konten
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini