CEK FAKTA: Hoaks, Foto Lionel Messi Ditahan Polisi Qatar

Rabu, 7 Desember 2022 15:53 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks, Foto Lionel Messi Ditahan Polisi Qatar Argentina vs Australia 2-1. ©2022 REUTERS

Merdeka.com - Sebuah foto memperlihatkan pesepakbola asal Argentina, Lionel Messi seperti diadang polisi membawa senjata. Foto itu beredar di Facebook pada 25 November 2022. dengan narasinya Messi ditangkap kepolisian Qatar.

Terlihat seorang polisi mengarahkan senjatanya ke leher Lionel Messi. Messi tampak kaget saat senjata mengarah ke wajahnya. Gambar itu juga menunjukkan Messi dikelilingi oleh banyak petugas keamanan baret merah.

"BREAKING : The Police of Qatar has arrested Argentinian footballer Leo Messi in Doha due to sexual harassment." (BREAKING : Polisi Qatar telah menangkap pesepakbola Argentina Leo Messi di Doha karena pelecehan seksual).

cek fakta hoaks foto lionel messi ditahan polisi qatar
©Facebook


2 dari 3 halaman

Penelusuran

Penelusuran dilakukan menggunakan Google Image dengan mengunggah foto Messi. Hasil, Messi bukan ditahan oleh polisi Qatar. Melainkan, Messi yang mendapatkan pengamanan kepolisian Arab Saudi, pada November 2012.

Foto identik salah satunya diunggah situs emirates247.com, dijelaskan jika Messi tiba bersama anggota tim nasional Argentina di bandara Riyadh untuk pertandingan persahabatan dengan Arab Saudi, pada 12 November 2012 lalu.

Kedatangan Messi pada Senin memicu kekacauan di bandara karena ratusan penggemar, polisi, jurnalis, dan penumpang bandara mengelilinginya.

Messi, kemudian dibawa ke sebuah hotel bersama dengan pemain tim Argentina lainnya di bawah pengamanan ketat.

cek fakta hoaks foto lionel messi ditahan polisi qatar
©Getty Images

Foto yang sama juga diunggah situs Getty Images, dengan keterangan:

"Gambar diambil pada 12 November 2012 lalu, menunjukkan penyerang Argentina Lionel Messi (kanan) dikawal oleh petugas keamanan Saudi setibanya bersama timnya di ibu kota Saudi, Riyadh. AFP FOTO/KORAN SAUDI AL-WATAN/MOHAMMED MASHOUR (Foto oleh - / AL-WATAN / AFP) (Foto oleh -/AL-WATAN/AFP via Getty Images)."

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Klaim foto Lionel Messi ditangkap polisi Qatar adalah keliru. Fakta, foto tersebut diambil saat Messi dikawal oleh petugas keamanan Arab Saudi pada 12 November 2012 lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.facebook.com/photo?fbid=133935869457001&set=a.118689294314992
https://www.emirates247.com/news/region/pic-shows-barca-s-messi-under-arrest-in-saudi-2012-11-14-1.483135
https://www.gettyimages.ie/detail/news-photo/picture-taken-on-november-12-2012-shows-argentinas-forward-news-photo/156390163

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini