CEK FAKTA: Hoaks Foto Kondisi Kota Malang Diterjang Tsunami

Senin, 19 April 2021 11:30 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Foto Kondisi Kota Malang Diterjang Tsunami Cerita Korban Gempa Malang, Terpaksa Tinggal di Tenda dan Berharap Bantuan Rekonstruksi. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah foto yang diklaim kondisi di Malang setelah diterjang tsunami dan gempa beredar di media sosial. Dalam foto itu terlihat kondisi rumah yang hancur dan puing-puing bangunan yang berserakan.

hoaks foto kondisi kota malang diterjang tsunami
turnbackhoax

"Gempa n tsunami di malang barusan".

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel merdeka.com berjudul "Gempa Magnitudo 3,8 Guncang Malang Dirasakan hingga Trenggalek, Tak Timbulkan Tsunami" pada 13 April 2021, dijelaskan bahwa gempa di Malang tak berpotensi tsunami.

Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, dengan kekuatan magnitudo 3,8 pada Selasa (13/4) pukul 19.37 WIB.

Berdasarkan laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa bumi terjadi di 88 kilometer barat data Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada kedalaman 29 kilometer.

Gempa terjadi pada koordinat 8.923 Lintang Selatan (LS), 112.44972 Bujur Timur (BT), tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo Australia.

BMKG menyatakan bahwa gempa bumi yang terjadi pada Selasa (13/4) malam tersebut, tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kemudian tim merdeka.com menelusuri tiga foto yang beredar tersebut. Hasilnya, dua dari tiga foto adalah kondisi Kota Malang usai diguncang gempa, bukan diterjang tsunami.

1. Foto diunggah merdeka.com berjudul "Gempa Magnitudo 3,8 Guncang Malang Dirasakan hingga Trenggalek, Tak Timbulkan Tsunami" pada 13 April 2021.

hoaks foto kondisi kota malang diterjang tsunami
istimewa

2. Foto ke dua diambil dari artikel ILKHA berjudul "Death toll from Indonesia earthquake rises to 8" pada 11 April 2021. Artikel tersebut juga berisi tentang gempa di Malang dengan kekuatan 6.0 SR dan tidak menimbulkan tsunami.

hoaks foto kondisi kota malang diterjang tsunami
istimewa

"A magnitude 6.0 quake on Indonesia's main island of Java killed eight people and damaged more than 1,300 buildings, officials said on Sunday.
The earthquake struck off the island's southern coast at 2 p.m. Saturday.

It was centered 45 kilometers south of Sumberpucung town of Malang District in East Java province, at a depth of 82 kilometers, according to the U.S. Geological Survey.

No tsunami warnings were posted following the earthquake."

Berikut terjemahannya:

"Gempa berkekuatan 6,0 di pulau utama Indonesia, Jawa, menewaskan delapan orang dan merusak lebih dari 1.300 bangunan, kata para pejabat pada hari Minggu.
Gempa bumi melanda pantai selatan pulau itu pada pukul 2 siang. Sabtu.

Itu berpusat 45 kilometer selatan kota Sumberpucung Kabupaten Malang di provinsi Jawa Timur, pada kedalaman 82 kilometer, menurut Survei Geologi AS.

Tidak ada peringatan tsunami setelah gempa bumi."

Kesimpulan

Foto kondisi Kota Malang setelah diguncang gempa dan tsunami adalah hoaks. Gempa di Malang tidak berpotensi tsunami. Dua foto yang diunggah adalah kondisi Malang usai diguncang gempa bumi.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini