CEK FAKTA: Hoaks Daftar Aplikasi Ilegal Akan Diblokir Kementerian Kominfo

Rabu, 15 Desember 2021 13:48 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Daftar Aplikasi Ilegal Akan Diblokir Kementerian Kominfo Berita hoax. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar unggahan daftar platform atau aplikasi yang akan diblokir atau ditutup aksesnya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Disebutkan 15 aplikasi akan diblokir karena tidak memiliki izin alias ilegal.

cek fakta hoaks daftar aplikasi ilegal akan diblokir kementerian kominfo
Kominfo

Penelusuran

Dilansir dari situs Kominfo, Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Dedy Permadi menyatakan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menyatakan informasi yang beredar terkait daftar nama platform atau aplikasi yang akan diblokir atau ditutup karena ilegal adalah tidak benar.

"Kementerian Komunikasi dan Informatika tidak pernah mengeluarkan pernyataan mengenai pemutusan akses internet terhadap platform atau aplikasi seperti yang disebutkan pada informasi yang beredar tersebut," kata Dedy, Selasa (14/12).

Kesimpulan

Kesimpulannya, Kementerian Komunikasi dan Informatika tidak pernah mengeluarkan pernyataan mengenai pemutusan akses internet terhadap platform atau aplikasi.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.kominfo.go.id/content/detail/38750/hoaks-surat-edaran-daftar-aplikasi-ilegal-yang-akan-diblokir-mengatasnamakan-kementerian-kominfo/0/laporan_isu_hoaks

[lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Hoaks
  4. Kominfo
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini