CEK FAKTA: Hoaks Anak Gantung Diri Usai Handphone Disembunyikan Orang Tuanya

Kamis, 11 Agustus 2022 16:22 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Anak Gantung Diri Usai Handphone Disembunyikan Orang Tuanya Ilustrasi gantung diri. ©shutterstock.com

Merdeka.com - Beredar sebuah artikel berjudul "Tragis Kejadian Tadi Siang ,Seorang Bocah Meninggal Gantung Diri Usai Handphonenya Disembunyikan Orang Tuanya" pada tanggal 8 Agustus 2022.

Di artikel itu memuat foto seorang laki-laki yang menggendong jasad seorang anak. Artikel tersebut tertulis:

Seorang bocah di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ditemukan tewas gantung diri di dapur rumahnya, Minggu pagi sekitar pukul 09.00. frustasi HP disembunyikan orang tuanya, karena selama ini kecanduan main game.

Korban diketahui pertama kali oleh ayahnya sendiri saat pulang jualan sayur. Posisi rumah dalam keadaan kosong dan hanya korban seorang diri.

cek fakta hoaks anak gantung diri usai handphone disembunyikan orang tuanya


Penelusuran

Hasil penelusuran seorang anak yang tewas diklaim gantung diri setelah handphonenya disembunyikan orang tuanya adalah tidak benar.

Aslinya, jasad anak inisial P asal Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi korban pemerkosaan. Tak hanya itu, P juga dibunuh hingga tewas tergantung di kamar indekosnya di Kelurahan Tanjung, Kota Bima, NTB, pada Kamis (14/5/2020).

P menggantung dengan seutas tali yang diikat di lubang ventilasi. Sekelompok anak yang sedang bermain di lokasi tersebut langsung berteriak minta tolong setelah melihat mayat P.

Adapun terduga pelaku pembunuhan sadis tersebut diketahui berinisial PA (37), warga asal Ruteng, Manggarai, NTT, yang diketahui tinggal di satu indekos dengan keluarga korban.

Kesimpulan

Foto yang memperlihatkan seorang laki-laki menggendong jasad seorang anak faktanya anak tersebut korban pemerkosaan. Dan juga dibunuh hingga tewas tergantung di kamar indekosnya di Kelurahan Tanjung, Kota Bima, NTB.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.dawainusa.com/4-fakta-bocah-asal-manggarai-ntt-yang-diperkosa-dan-digantung-di-bima/
https://turnbackhoax.id/2022/08/11/salah-foto-bocah-meninggal-gantung-diri-usai-handphonenya-disembunyikan-orang-tuanya

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini