CEK FAKTA: Disinformasi Video Penutupan Restoran Cepat Saji di Tangerang Selatan

Senin, 5 Oktober 2020 10:48 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Disinformasi Video Penutupan Restoran Cepat Saji di Tangerang Selatan Disinformasi Video Penutupan Restoran Cepat Saji di Tangerang Selatan. Kominfo

Merdeka.com - Sebuah video rekaman yang menyebutkan bahwa restoran cepat saji di Ciater Raya, Serpong, Tangerang Selatan ditutup paksa oleh polisi. Dalam video itu dituliskan bahwa penutupan restoran cepat saji itu dikarenakan menyebabkan kemacetan panjang.

disinformasi video penutupan restoran cepat saji di tangerang selatan
Kominfo

"MCDONALDS CIATER RAYA
Ditutup paksa, gara2 bikin macet".

Penelusuran

Penjelasan terkait video penutupan restoran cepat saji di Ciater Raya dijelaskan dalam artikel Kompas.com berjudul "Polisi Bantah Tutup Paksa McDonald's Ciater Tangsel akibat Kemacetan Panjang" pada 3 Oktober 2020.

"Kapolres Tangerang Selatan AKBP Iman Setiawan menyatakan bahwa pihaknya tidak melakukan penutupan paksa rumah makan cepat saji McDonald's sebagai upaya mengurai kemacetan yang terjadi di Jalan Raya Ciater, Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (2/10/2020) malam.

Kemacetan tersebut terjadi karena antrean kendaraan konsumen yang bergiliran masuk drive thru untuk memesan makanan di McDonald’s Ciater dengan promo potongan harga.

Sebelumnya, sempat beredar video rekaman di media sosial yang menyatakan bahwa McDonald’s Ciater ditutup paksa oleh polisi.

“Bukan ditutup, kendaraan diurai agar tidak macet. Tidak ada penutupan,” jelas Iman saat dimintai keterangan lewat pesan tertulis, Sabtu (3/10/2020).

Pada Jumat malam, pihak kepolisian telah berkoordinasi dengan manajemen pengelola untuk sementara waktu menghentikan antrean agar tak mengganggu arus lalu lintas.

Antrean juga sempat diputus oleh polisi agar tidak terjadi kepadatan.

Kemacetan lalu lintas yang disebabkan restoran cepat saji tersebut tidak hanya terjadi di Ciater, tetapi juga di beberapa titik lain seperti di sekitar McDonald’s Alam Sutra dan BSD Plaza.

Kesimpulan

Video yang menyebutkan adanya penutupan restoran cepat saji karena antrian mobil yang menyebabkan macet adalah disinformasi. Pihak kepolisian menjelaskan tidak ada penutupan restoran, hanya penutupan antrean agar tidak macet.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini