CEK FAKTA: Benarkah Suhu di Bumi, Jupiter, Mars, Neptunus Menghangat? Simak Faktanya

Jumat, 2 Desember 2022 15:36 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Benarkah Suhu di Bumi, Jupiter, Mars, Neptunus Menghangat? Simak Faktanya Ilustrasi Planet Super-Earth yang baru-baru ini ditemukan. ©NASA/JPL-Caltech

Merdeka.com - Beredar unggahan di media sosial yang mengklaim bahwa suhu di Bumi semakin panas dan menyebabkan pemanasan planet-planetnya lainnya seperti, Jupiter, Mars, Neptunus.

"Ketika Bumi telah menghangat selama 100 tahun terakhir, begitu pula Jupiter, Neptunus, Mars, dan Pluto," bunyi narasi dalam unggahan di Facebook 25 Oktober 2022.

cek fakta benarkah suhu di bumi jupiter mars neptunus menghangat simak faktanya
©Facebook

2 dari 3 halaman

Penelusuran

Dilansir dari situs USA Today, Bumi telah menunjukkan tren pemanasan yang jelas selama 100 tahun terakhir. Namun jika pemanasan suhu di Bumi dikaitkan dengan suhu di Jupiter, Neptunus, Mars, dan Pluto yang turut menghangat selama 100 tahun terakhir adalah klaim yang salah.

Tidak ada bukti pemanasan baru-baru ini di Jupiter, Neptunus, atau Mars, menurut para peneliti

"Masalah paling sederhana dengan klaim ini adalah sangat sulit untuk mengukur suhu di planet lain dari jarak jauh," kata Luke Moore, seorang profesor dan ilmuwan planet di Universitas Boston, kepada USA TODAY melalui email.

Jupiter

James Sinclair, seorang ilmuwan penelitian NASA Jet Propulsion Laboratory, mengatakan kepada USA TODAY melalui email bahwa tidak ada bukti yang mendukung klaim bahwa suhu Jupiter telah meningkat secara global selama 100 tahun terakhir.

Faktanya, tidak ada data suhu yang cukup untuk menunjukkan tren global sama sekali, menurut Sushil Atreya, seorang profesor ilmu iklim dan ruang angkasa di University of Michigan, Ann Arbor.

"Pengukuran sistematis pertama dan satu-satunya dari keseimbangan panas Jupiter dilakukan oleh pesawat ruang angkasa Voyager empat dekade lalu," katanya kepada USA TODAY melalui email.

Pengukuran sistematis konklusif tambahan akan diperlukan untuk mendeteksi perubahan suhu global sejak saat itu, katanya.

Pengukuran yang lebih terbatas selama beberapa dekade terakhir telah menunjukkan fluktuasi suhu di "wilayah atmosfer yang berbeda dan bagian planet yang berbeda," kata Atreya. "Tapi mereka tidak mewakili suhu planet secara keseluruhan."

Neptunus

Michael Roman, ilmuwan planet di Universitas Leicester mengatakan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa Neptunus telah menghangat secara global dalam 100 tahun terakhir. Pengukuran planet yang andal baru dimulai 20 tahun lalu, katanya.

“Sebagian besar atmosfer Neptunus yang dapat diamati tampaknya telah mendingin sejak pengukuran yang andal dimulai,” kata Roman.

Glenn Orton, seorang ilmuwan peneliti senior di NASA Jet Propulsion Laboratory juga mengatakan kepada USA TODAY melalui email bahwa rekor suhu Neptunus terlalu pendek untuk menentukan tren suhu selama 100 tahun terakhir.

Mars

Demikian pula, data suhu untuk Mars hanya mundur sekitar 50 tahun, bukan 100 tahun, menurut Michael Mischna, ilmuwan planet NASA Jet Propulsion Laboratory.

Bahkan catatan ini memiliki celah dan tidak menunjukkan pemanasan jangka panjang, menurut Richard Zurek, kepala ilmuwan untuk Kantor Program Mars di laboratorium NASA yang sama.

"Sementara suhu atmosfer Mars diamati selama misi Viking pada 1970-an, hanya ada sedikit pengamatan yang dilakukan setelah itu hingga Mars Global Surveyor memasuki orbit Mars pada akhir 90-an," katanya.

"Meskipun kami memiliki cakupan data yang jauh lebih baik sejak saat itu, tampaknya tidak ada tren pemanasan umum di Mars."

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Bumi telah menunjukkan tren pemanasan yang jelas selama 100 tahun terakhir. Namun jika pemanasan suhu di Bumi dikaitkan dengan suhu di Jupiter, Neptunus, Mars, dan Pluto yang turut menghangat selama 100 tahun terakhir adalah klaim yang salah. Tidak ada bukti pemanasan baru-baru ini di Jupiter, Neptunus, atau Mars.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi 

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2022/11/28/fact-check-false-claim-warming-similar-earth-other-planets/10627488002/

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini