Nama Ida Laila Populer di Era 60an Hingga 80an dengan Tembang 'Keagungan Tuhan'

Kamis, 12 September 2019 17:10 Reporter : Endang Saputra
Nama Ida Laila Populer di Era 60an Hingga 80an dengan Tembang 'Keagungan Tuhan' Ida Laila. ©kapanlagi.com

Merdeka.com - Ida Laila merupakan penyanyi lagu-lagu melayu dan dangdut yang populer di era 1960-an dan 1970-an lewat lagu 'Keagungan Tuhan' karangan A. Malik Bz pada tahun 1965, kemudian direkam ulang tahu 1976. Tembang 'Siksa Kubur' ciptaan Achmadi, dinyanyikan ulang oleh Rita Sugiarto dan, bahkan, OM PSP. Dan tembang 'Sepiring Berdua. Menurut wikipedia Lagu-lagunya melankolis dan liriknya penuh derita, sesuai dengan karakter suaranya.

Kemudian Ida Laila mengawali kariernya pertama kali bersama O.M. Sinar Kumala di Surabaya. Setelah itu, Ida Laila beberapa kali bergabung dengan grup-grup orkes melayu lain seperti O.M. Awara, O.M. Sonata, dan O.M. Sanata.

Selama perjalanan kariernya, kelahiran tahun 1943 silam ini telah banyak menghasilkan album-album yang direkam ke dalam piringan hitam. Salah satu album yang paling meledak adalah album Sepiring Berdua. Album tersebut berhasil meraih penghargaan untuk HDX Awards tahun 1987-1988 (cikal bakal AMI Awards).

1 dari 3 halaman

Mulai Tinggalkan Aktivitas

Seperti dikutip dari liputan6.com Ida Laila mulai meninggalkan aktivitasnya di luar rumah sejak 2011 silam. Sementara untuk aktivitas menyanyinya sudah ditinggalkan sejak 1997-1998.

"Ibu (Ida Laila) meninggalkan dunia hiburan (menyanyi) sekitar tahun 1997-1998 atau saat kejatuhan Orde Baru Soeharto. Setelah itu, Ibu lebih banyak mendapat undangan untuk ceramah agama. Sekarang ibu lebih banyak di rumah. Kalaupun ada tawaran ceramah terpaksa kami tolak. Ini karena kami khawatir kesehatannya terganggu," ucap sang suami Mulyono kala itu.

2 dari 3 halaman

Sakit Sudah Lama

Biduan bernama asli Murahwati ini menderita sekitar 6 tahun lalu, dia hanya bisa berbaring di tempat tidur dan duduk di atas kursi roda di kediamannya di Jalan Cancer Kelurahan Ploso, Kecamatan Tambaksari Surabaya.

"Penyakitnya banyak. Ada kencing manis dan kolesterol,sudah sekitar 6 tahun. Pernah juga dirawat di Rumah Sakit Islam Surabaya," kata Mulyono.

3 dari 3 halaman

Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari dunia hiburan tanah air. Pedangdut senior, Ida Laila meninggal dunia, Kamis (12/8) pukul 02.00 WIB dini hari.

Ida Laila meninggal dalam usia 75 tahun. Ida Laila mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Umum Dr. Soedono Madiun karena penyakit strok yang diidapnya.

Kabar meninggalnya Ida Laila disampaikan pedangdut senior, Elvy Sukaesih. Dia menyampaikan kabar duka tersebut di akun instagramnya.

"Telah berpulang ke Rahmatulloh Ibunda Hj. Moerahwati/Ida Laila (penyanyi dangdut Legendaris) pelantun lagu *Sepiring Berdua* sekitar pukul 02:00 dini hari. Semoga almarhumah Husnul Khotimah, Aamiin Yaa Robbal'Alamiin," tulis Elvie Sukaesih. [end]

Baca juga:
Penyanyi Dangdut Senior Ida Laila Meninggal Dunia
Veni Vero Ingin Ikuti Jejak Sukses Elvy Sukaesih
Sangat Fantastis Honor Penyanyi Dangdut Indonesia, Bikin Melongo
Lesti Beberkan Alasan Mengenakan Hijab
Fildan Dipuji Penyanyi Asli Lagu Kal Ho Naa Ho

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini