8 Film bertema zombie yang paling laris sepanjang sejarah

Rabu, 21 Mei 2014 07:26 Reporter : Masithoh Azzahro Lutfiasari
8 Film bertema zombie yang paling laris sepanjang sejarah World War Z. ©2014 Merdeka.com/gawkerassets.com

Merdeka.com - Kisah-kisah horor tentang adanya makhluk pemakan otak manusia alias zombie, selalu menarik untuk dijadikan tema utama sebuah film. Baik itu komedi, maupun murni horor, kisah zombie memiliki segmen penonton sendiri yang membuatnya sedikit mustahil untuk jeblok di pasaran. Dilansir dari The Richest, berikut ini adalah 8 film bertema zombie yang paling laris di jajaran box office Hollywood hingga tahun lalu.

2 dari 9 halaman

Paranorman

8 film bertema zombie yang paling laris sepanjang sejarahParanorman. ©2014 Merdeka.com/insidepulse.com

Siapa bilang film animasi tidak bisa mengangkat tema zombie dan berakhir sukses di pasaran? Paranorman adalah contoh pertama yang berhasil. Bercerita tentang seorang anak laki-laki yang bisa bicara pada roh-roh gentayangan di sekelilingnya, Paranorman berhasil mendapatkan rating 80 persen di situs Rotten Tomatoes. Keuntungan bersih yang diraih film ini sebagai jajaran box office Hollywood adalah sebesar Rp643,7 milyar. Zombie-zombie yang ada di film ini digambar berbeda daripada yang lainnya, tentunya dengan konsep menghibur bagi para pemirsanya.

3 dari 9 halaman

Pet Sematary

8 film bertema zombie yang paling laris sepanjang sejarahPet Sematary. ©2014 Merdeka.com/liveforfilms.com

Film apapun yang diadaptasi dari novel Stephen King, hampir selalu menuai sukses di pasaran dan bertengger di jajaran film box office Hollywood lainnya. Seperti Pet Sematary, yang rilis di tahun 1989 dulu. Berkisah tentang seorang ayah yang ingin menghidupkan kembali anak lelakinya dan menyimpan jasadnya di dalam rumah, film ini berhasil menghadirkan suasana mencekam yang begitu kental ke sekitar para pemirsanya. Tak heran jika kemudian pihak rumah produksi mengumumkan keuntungan yang diraih film ini mencapai Rp659 milyar lebih.

4 dari 9 halaman

Dawn of the Dead

the deadDawn of the Dead. ©2014 Merdeka.com/apocalypsezone.com

Dawn of the Dead bisa dibilang sebagai pelopor suksesnya film-film bertema apokalips di era abad 21. Rilis di tahun 2004, film ini berhasil meraih keuntungan sebanyak Rp677 milyar lebih di minggu akhir penayangannya. Beberapa situs review film bahkan menyebut film ini sebagai salah satu film zombie yang paling solid sepanjang masa, dilihat dari segi cerita dan pengambilan gambar yang begitu rapi. Para kritikus film banyak yang menilai bahwa versi remake ini bahkan lebih bagus daripada versi aslinya yang merupakan besutan sutradara senior, George Romero. Meski tak bertaburan bintang terkenal, film ini sukses besar hingga Rotten Tomatoes pun memberi rating 75 persen.

5 dari 9 halaman

Resident Evil: Afterlife

afterlifeResident Evil: Afterlife. ©2014 Merdeka.com/aceshowbiz.com

Pesona tangguh Mila Jovovich sepertinya akan tetap terus berlanjut untuk seri film yang diangkat dari video games ini. Resident Evil sudah menjadi tontonan wajib tersendiri bagi para pecinta film petualangan berburu zombie. Seri keempat dari franchise film ini, Afterlife, sukses di pasaran ketika dirilis tahun 2010 lalu. Dikemas dalam format 3D, film yang juga dibintangi oleh Ali Larter, Kim Coates, dan Shawn Roberts berhasil meraih keuntungan total sebesar Rp690 milyar pada pekan terakhir penayangannya di Amerika Serikat saja. Sampai sekarnag, belum ada lagi film bergenre action-horor seperti ini yang mampu menyamai keberhasilan Resident Evil.

6 dari 9 halaman

Warm Bodies

8 film bertema zombie yang paling laris sepanjang sejarahWarm Bodies. ©2014 Merdeka.com/businessinsider.com

Setelah ada kisah cinta antara vampir dan anak manusia dalam Twilight Saga, ada lagi cerita tentang cinta zombie dan anak manusia yang dituangkan dalam Warm Bodies. Film yang rilis di tahun 2013 kemarin ini dibintangi oleh Teresa Palmer dan kekasih Jennifer Lawrence, Nicholas Hoult. Di situs Rotten Tomatoes, film ini mendapatkan review yang cukup baik dari para kritikus film dan memperoleh rating 80 persen. Kisah adaptasi dari novel karangan Isaac Marion ini berhasil meraup keuntungan maksimal mencapai Rp762,7 milyar. Skenario yang amat kreatif dan dialog yang rapi disebut-sebut menjadi kunci utama keberhasilan film ini, di samping pilihan aktor dan aktris yang meyakinkan penonton.

7 dari 9 halaman

Zombieland

8 film bertema zombie yang paling laris sepanjang sejarahZombieland. ©2014 Merdeka.com/rockying.com

Siapa bisa menolak pesona Jesse Eisenberg yang disatukan dengan karisma si cantik Emma Stone? Belum lagi akting mantap dari Woody Harrelson? Film horor-komedi yang rilis di tahun 2009 ini memiliki alur cerita yang hampir sama dengan sebagian besar film zombie yang pernah ada; virus zombie menyebar di mana-mana dan ada sekelompok orang yang masih selamat dan bekerja sama untuk membasmi para zombie tersebut lalu memulai kehidupan baru. Di situs Rotten Tomatoes, film ini mendapatkan kritik yang sangat bagus, hingga meraih rating 90 persen. Keuntungan final yang diraih film ini mencapai Rp868,4 milyar di hari penutupannya secara internasional.

8 dari 9 halaman

Hotel Transylvania

8 film bertema zombie yang paling laris sepanjang sejarahHotel Transylvania. ©2014 Merdeka.com/wpb.org

Meski animasi bertema komedi ini tak berfokus pada cerita tentang zombie yang berkeliaran mencari mangsa, ada beberapa karakter zombie yang ditampilkan dalam film besutan Genndy Tartakovsky ini. Diproduksi oleh Sony Pictures Animation dan rilis pada tahun 2012 lalu, film ini berhasil meraup keuntungan maksimal hingga mencapai Rp1,7 triliun di minggu terakhir penutupannya secara internasional. Meski hanya mendapatkan rating satu bintang di situs Rotten Tomatoes, terbukti banyak penonton yang begitu menikmati cerita animasi ini hingga berhasil mendatangkan keuntungan sebegitu banyaknya.

9 dari 9 halaman

World War Z

zWorld War Z. ©2014 Merdeka.com/gawkerassets.com

Nama besar Brad Pitt sudah pasti jadi daya tarik kuat bagi film yang diadaptasi dari novel Max Brooks ini. Cerita tentang apokalips dengan adanya zombie di berbagai sudut kota yang menjadi setting cerita seperti World War Z ini berhasil membuat para penontonnya tegang sampai akhir kisah. Meski rumor tentang adanya bentrok pendapat antara sang sutradara dan Brad Pitt sempat kuat beredar sebelum film diluncurkan, nyatanya tidak mengurangi kualitas film yang meraup keuntungan sebesar Rp2,3 triliun di pekan terakhir penayangannya ini. Bahkan situs review film sekelas Rotten Tomatoes pun memberinya rating 67 persen.

Mana yang jadi favorit Anda hingga sekarang? [mzh]

Baca juga:

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini