7 Fakta menarik tentang bulan

Reporter : Vizcardine Audinovic | Minggu, 10 Maret 2013 09:02




7 Fakta menarik tentang bulan
ilustrasi bulan. ©shutterstock/Claudio Divizia.com

Merdeka.com - Sampai sekarang bulan mempunyai daya tarik bagi para peneliti. Bulan menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan. Bahkan masih banyak deretan pertanyaan yang dikantongi para ilmuwan daripada jawaban yang tersedia tentang "kekasih" bumi ini. Sebelum mengulas bulan lebih jauh, simak tujuh fakta mengenai bulan yang dilansir allwomentalk.

1. Apa sih bulan itu?
Bulan bukanlah sebuah planet. Karena bulan mengitari Bumi maka disebut satelit, bukan planet. Untuk menjadi planet, maka harus mengitari matahari.

2. Berapa ukuran bulan?
Besarnya bulan adalah seperempat ukuran bumi, artinya bulan memiliki ukuran yang cukup besar. Panjang keliling bulan adalah 10.921 km, sedangkan bumi 40.075 km. Luas permukaan bulan adalah 37.9 juta kilometer persegi, sama ukurannya dengan kombinasi Rusia, Kanada dan Amerika Serikat.

3. Bulan terbuat dari apa?
Pada dasarnya, bulan terbuat dari batu - mirip bumi. Bulan memiliki jenis struktur yang sama seperti bumi. Bulan mempunyai inti, lapisan dan kerak. Lapisan permukaan tanah terdiri dari oksigen 42%, silikon 21%, besi 13%, kalsium 8%, aluminium 7%, magnesium 6% dan elemen lainnya 3%.

4. Gunung tertinggi di Bulan
Ini merupakan salah satu fakta tentang bulan yang masih diperdebatkan. Di bumi, kita mengetahui ketinggian gunung dengan cara mengukur dari permukaan laut. Karena tidak ada air di bulan, metode yang sama tidak dapat diterapkan. Apapun metode yang digunakan, kebanyakan ilmuwan setuju bahwa gunung tertinggi ukurannya di atas 5.000 meter. Umumnya, Mons Huygens dianggap gunung tertinggi di bulan.

5. Sisi gelap bulan
Dari bumi, hanya sekitar 59% bagian bulan terlihat oleh kita. Sebenarnya bulan berotasi, dan setiap sisi bulan giliran mendapat cahaya matahari. Hanya saja tidak semua bagian bulan yang mendapat cahaya matahari dapat diamati dari bumi karena bulan berevolusi mengelilingi bumi

6. Apakah ada laut di bulan?
Di bulan tidak ada laut. Meskipun manusia mencari air di bulan, sampai sekarang belum ditemukan. Di bulan hanya ada mare, yakni dataran basalt yang luas dan gelap di Bulan, dibentuk oleh pembekuan dari banjir magma karena proses erupsi vulkanik purba beberapa miliar tahun yang lalu. Dataran basalt mencakup 16% dari permukaan bulan, dan sebagian besar dari mereka berada di sisi bulan yang terlihat dari bumi.

7. Bulan tidak punya gravitasi
Salah! Ini adalah fakta lain tentang bulan yang disalahpahami. Memang ada gravitasi di bulan, jumlahnya hanya sekitar 17% dari gaya gravitasi bumi. Jika Anda memiliki berat badan 45 kg di Bumi, maka berat Anda di bulan hanya 7,6 kg di bulan. Artinya, jika Anda bisa melompat sejauh 3 meter di bumi, Anda justru bisa melompat sejauh 18 meter di bulan.

Setelah mengetahui fakta mengenai bulan, apakah Anda berpikir ingin tinggal di bulan? Apakah Anda rela merogoh cek dalam-dalam untuk berwisata ke bulan?

[vic]

KUMPULAN BERITA
# Satelit

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Review: Totti gagalkan keunggulan Man City
  • Review: Matic beri kemenangan perdana Chelsea di Liga Champions
  • Mati mendadak, kuburan sapi kurban dibongkar petugas sudin
  • Koalisi Prabowo tak lihat ada sisi genting dari Perppu Pilkada
  • Kekayaan orang nomor 1 di dunia teknologi Rp 986 triliun lebih
  • Kisah kesederhanaan Jenderal Pranoto bikin anak buah menangis
  • Sekap dua pembantu, majikan beralasan agar mereka tak kabur
  • Tak hadiri paripurna Jokowi, Ahok pilih blusukan ke Korsel
  • Penembakan di sekolah kembali guncang Amerika
  • Anggap salah paham, Dewi Perssik tak mau damai
  • SHOW MORE