Kebanyakan minum vitamin C mampu sebabkan kanker?
Merdeka.com - Pria yang mengonsumsi suplemen vitamin dalam dosis tinggi dan jangka panjang berisiko terkena kanker prostat hingga 30 persen, demikian menurut penelitian terbaru.
Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, penelitian tersebut tepatnya melibatkan 48.000 pria. Menurut peneliti, konsumsi suplemen vitamin lebih dari 20 tahun bisa menimbulkan tumor ganas yang memicu kanker.
"Ini bukan pertama kalinya penelitian membahas bahwa vitamin bersifat mematikan. Sekarang kami membuktikan kalau konsumsi vitamin C berlebih juga mampu memicu kanker," papar peneliti dari Harvard School of Public Health di Boston dan University of Oslo di Norwegia.
Pada dasarnya, vitamin - baik yang dikonsumsi dari makanan atau pil - memiliki fungsi untuk menyehatkan tubuh dan menangkal penyakit tertentu.
Akan tetapi manfaat positif tersebut berubah menjadi mematikan jika suplemen vitamin dikonsumsi secara berlebihan dan dalam jangka panjang. Salah satunya adalah kanker prostat, seperti yang dibuktikan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam International Journal Of Cancer.
Baca juga:Senyawa dalam anggur mampu maksimalkan pengobatan kankerSenyawa dalam brokoli ampuh melawan efek terapi radiasiAkar manis memperlambat penyebaran sel kanker kulit ganasSuntik puting, metode pengobatan untuk kanker payudaraHati-hati bahaya kemoterapi! (mdk/riz)
Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya