Wapres JK: Tiru China yang Efisien Lakukan Inovasi di Ekonomi Digital

Minggu, 18 Agustus 2019 13:24 Reporter : Merdeka
Wapres JK: Tiru China yang Efisien Lakukan Inovasi di Ekonomi Digital Jusuf Kalla. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengingatkan agar pengusaha muda Indonesia tidak hanya membangun marketplace. Generasi muda katanya juga harus berpikir bagaimana membuat nilai tambah saat membuat startup.

"Ya sehebat apapun platform itu kalau tidak ada yang dijual, apa artinya, yang dijual itu sesuatu yang berbentuk, baju kah, kue kah, dan sebagainya, jadi harus ada, jangan berpikiran bahwa semua startup itu dengan platform saja. Harus ada yang memajukan produksi," ucap JK pada acara The Nation Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Satu Indonesia dengan tema Sumber Daya Digital Millenial Unggul, 1000 Inovasi Digital – Indonesia Maju di Istora Senayan siang ini.

JK menjelaskan, Indonesia dapat meniru China yang cenderung efisien serta banyak melakukan inovasi dalam membangun industri atau bisnis di ekonomi digital.

"Dengan inovasi-inovasi, lihatlah China, Alibaba hebat karena industrinya hebat, kalau dia berdiri sendiri mana mungkin. Semua begitu, e-commerce begitu, di belakangnya ada suatu industri yang hebat," ujarnya.

"Jangan hanya pikirannya seperti Microsoft, seperti Facebook Twitter, itu hanya cara tapi tidak semua bisa dilaksanakan dengan cara begitu. Tetap saja intinya adalah nilai tambah, industri perkebunan, sesuatu yang bisa dijual," papar dia.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini