Viral Masinis Tinggalkan Kereta di Tengah Jalan Buat Jajan, ini Klarifikasi KAI

Jumat, 8 November 2019 13:48 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Viral Masinis Tinggalkan Kereta di Tengah Jalan Buat Jajan, ini Klarifikasi KAI Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan klarifikasi tentang video yang viral saat masinis kedapatan beli jajanan dan meninggalkan lokomotif di perlintasan sebidang. KAI mengatakan bahwa penutupan perlintasan sebidang tersebut bukan karena sedang menunggu asisten masinis dari Lokomotif CC 206 13 33, melainkan sedang menunggu penumpang naik dan turun kereta di Stasiun Parungkuda, Sukabumi.

Kejadian berlangsung pada 31 Oktober 2019, KA Pangrango rute Sukabumi-Bogor dengan nomor 393 sedang melakukan pemberhentian di Stasiun Parungkuda untuk proses naik dan turun penumpang.

VP Public Relations KAI Edy Kuswoyo mengatakan setiap kereta api yang berhenti di Stasiun Parungkuda, Lokomotifnya akan menutup Jl. Parakan Salak yang tepat berada di ujung emplasemen stasiun. Hal tersebut dikarenakan stasiun yang kecil dan emplasemen stasiun yang tidak cukup panjang, sehingga posisi Semboyan 10 G yang merupakan tanda berhenti lokomotif berada sejajar dengan perlintasan sebidang.

KA Pangrango dengan Nomor 393 memiliki jadwal keberangkatan dari stasiun Sukabumi pukul 15.45 dan tiba di Stasiun Bogor pukul 17.48. KA tersebut terdiri dari 1 Kereta Eksekutif, 1 Kereta Pembangkit, dan 3 Kereta Ekonomi.

"Tidak benar bahwa Penutupan tersebut dikarenakan menunggu masinis yang sedang membeli makanan," ujar Edy dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (8/11).

Edy menegaskan bahwa kejadian penutupan perlintasan tersebut oleh kereta selalu terjadi setiap harinya. Selain itu merupakan hal yang normal terjadi di Stasiun Parungkuda.

1 dari 1 halaman

Lokomotif berhenti di perlintasan, masinis mampir ke warung

Jagad sosial media Jumat pagi (08/11/2019) dihebohkan dengan beredarnya sebuah video yang memperlihatkan seorang masinis kereta turun dari lokomotif untuk membeli sesuatu di warung.

Dalam video berdurasi sekitar 35 detik tersebut, sebuah lokomotif yang membawa rangkaian kereta berhenti di perlintasan sebidang saat PJL (Penjaga Lintasan Kereta) menutup palang pintu.

Dalam unggahan video, peristiwa ini disebut-sebut terjadi di perlintasan sebidang di sekitar kawasan Sukabumi, Jawa Barat.

Dalam video itu terlihat salah satu petugas tengah mampir ke sebuah warung yang terdapat di sekitar PJL tersebut untuk membeli sesuatu. Sementara itu, sejumlah pengguna jalan lainnya yang akan melintas sempat tertahan sedikit lama menunggu sampai palang pintu di buka oleh PJL.

"Masinis nya lapar pengen sarapan dulu ..." tulis seorang netizen dalam keterangan video tersebut Jumat (8/11).

[bim]

Baca juga:
Ketika Masinis dan Pegawai KAI 'Alih Profesi' jadi Guru SD di Garut
Mampukah Stasiun Manggarai Ambil Alih Peran Stasiun Gambir?
Rencana Pemindahan Stasiun Kereta Jarak Jauh ke Manggarai Dikritik, Ini Kata Kemenhub
PT PP dan KAI Bangun Kawasan Hunian Stasiun Juanda
KAI Luncurkan Kereta Istimewa, Tarif Jakarta-Bandung Rp19 Juta

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini