Viral Fresh Graduate Tolak Gaji Rp8 Juta, ini Besar Upah Pegawai Versi Pemerintah

Jumat, 26 Juli 2019 11:24 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Viral Fresh Graduate Tolak Gaji Rp8 Juta, ini Besar Upah Pegawai Versi Pemerintah Ilustrasi wawancara kerja. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Dragon Images

Merdeka.com - Jagat sosial media belum lama ini tengah dihebohkan oleh unggahan viral mengenai seorang lulusan baru (fresh graduate) Universitas Indonesia (UI) yang menolak gaji Rp8 juta. Dalam postingan tersebut, lulusan ini menceritakan kekecewaannya pada sebuah perusahaan lokal.

"Jadi tadi gue diundang interview kerja perusahaan lokal dan nawarin gaji kisaran 8 juta doang. Hello meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI, Pak. Universitas Indonesia. Jangan disamain sama fresh graduate dengan kampus lain dong ah. Level UI mah udah perusahan luar negeri. Kalau lokal mah oke aja, asal harga cocok," demikian postingan instastory yang viral itu.

Berdasarkan data hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS), per Agustus 2018, kisaran gaji rata-rata lulusan baru di Indonesia ialah Rp2.108.362. Angka ini berada dalam kelompok pekerja berusia 20 sampai 24 tahun yang menjadi kisaran usia lulusan baru dari universitas.

Kelompok kerja bidang tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan menempati urutan teratas gaji dengan upah sebesar Rp3.327.742. Sementara terendah berada pada kelompok kerja bidang tenaga profesional, teknisi dan yang sejenis dengan besaran upah Rp1.701.183.

Gaji terbesar pada data ini ditempati oleh bidang tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan dengan kelompok usia 55 sampai 59 tahun. Besaran gaji kelompok tersebut mencapai Rp7.830.255.

Data ini merupakan hasil survei pemerintah pada pekerja di perkotaan dan pedesaan. Data tersebut telah diperbarui pada 6 Maret 2019.

Sebelumnya, Kepala Kantor Humas dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti, mengatakan pihaknya masih enggan berbicara lebih banyak terkait viralnya postingan orang yang mengaku lulusan UI tersebut. Karena saat ini pemilik akun belum jelas dan apakah benar lulusan UI.

Rifelly sangat menyayangkan sekali apabila postingan akun yang viral tersebut benar-benar alumni UI. Dia berharap masyarakat tidak langsung meberi cap negatif terhadap semua lulusan UI. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini