Uni Eropa Sebut Masalah Palm Oil Tak Pengaruhi Kerja Sama dengan Asean

Kamis, 8 Agustus 2019 17:58 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Uni Eropa Sebut Masalah Palm Oil Tak Pengaruhi Kerja Sama dengan Asean Kelapa Sawit. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Kuasa Usaha ad Interim Misi Uni Eropa untuk Asean Lucas Cibor menegaskan bahwa kerja sama antara Uni Eropa dengan ASEAN tidak bakal terpengaruh oleh persoalan Palm Oil antara Uni Eropa dengan Indonesia dan Malaysia. Sebab palm oil merupakan masalah antara Uni Eropa dengan dua negara di ASEAN tersebut, bukan dengan ASEAN secara regional.

"Masalah Palm Oil adalah elemen spesifik dari relasi antara EU (Ini Eropa) dengan kedua negara Asean (Indonesia dan Malaysia)," kata dia, saat ditemui usai peluncuran ASEAN Blue Book 2019 di Jakarta, Kamis (8/8).

Hal itu, kata dia, tentu telah disadari oleh kedua kawasan tersebut. Dengan demikian diskusi masalah palm oil tidak masuk ke dalam diskusi dalam kaitannya dengan kerja sama EU-Asean.

"Jadi saya pikir baik EU dan Asean sepakat bahwa itu seharusnya tidak masuk sebagai topik diskusi hubungan EU-Asean. Itu posisi kami dan saya berpikir negara-negara Asean juga setuju," ungkapnya.

Proses diskusi untuk mencapai jalan keluar dari masalah tersebut, lanjut dia, akan dibahas secara bilateral antara EU dan Malaysia dan Indonesia.

"Berkaitan dengan resolusi masalah-masalah itu, EU berhubungan dengan Malaysia, dengan Indonesia dan negara-negara lain yang merasa harus berdiskusi dengan kami terkait palm oil untuk menentukan jalan keluar ke depan," tandasnya. [did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini