Tol Serang Panimbang Pangkas Waktu Tempuh Jakarta-Tanjung Lesung Jadi 3 Jam

Senin, 8 Agustus 2022 15:00 Reporter : Sulaeman
Tol Serang Panimbang Pangkas Waktu Tempuh Jakarta-Tanjung Lesung Jadi 3 Jam Menko Luhut Pandjaitan. istimewa ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa kehadiran Tol Serang - Panimbang Seksi 3 (Cileles-Panimbang) merupakan lembaran baru Banten untuk mencapai pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata.

Menyusul, kian berkurangnya jarak tempuh menuju Provinsi DKI Jakarta sebagai pusat ekonomi nasional.

"Sekarang kalau kita melihat gambaran tol ini merupakan lembaran baru bagi Banten, khususnya pada sektor ekonomi bidang pariwisata, saya harap seluruh jajaran Provinsi Banten harus bisa memanfaatkan hal ini dengan baik," ujar Menko Luhut Jakarta saat Acara Ground Breaking Tol Serang - Panimbang Seksi 3 di Pandeglang, Provinsi Banten, Senin, (8/8).

Menko Luhut juga optimis daerah ini menjadi destinasi wisata, mengingat jarak yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Seperti yang diketahui, pembangunan infrastruktur jalan tol Serang - Panimbang sepanjang 83,67 Km menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terbagi menjadi 3 seksi.

"Saya berharap dengan jadinya jalan tol ini, membuat daerah ini menjadi destinasi turis, dikarenakan jaraknya tidak terlalu jauh dari Jakarta, yang tadinya perjalanan darat ditempuh dalam waktu 5 jam menjadi 3 jam saja," tutur Menko Luhut.

Menko Luhut juga memaparkan bahwa pertumbuhan ekonomi provinsi Banten lebih baik dari pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam kunjungan ini, Menko Luhut juga mengunjungi pembangunan pengamanan pantai Marina Tanjung Lesung.

"Seperti yang kita lihat, pembangunan ini sudah menunjukkan kemajuan pembangunan pada tanggul penahan ombak di Pantai Marina Tanjung, saya juga mengingatkan jangan lupa untuk tetap memperhatikan mangrove bagi Tanjung Lesung, karena lingkungan menjadi hal yang sangat penting bagi kita semua," tutup Menko Luhut.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Tol Serang - Panimbang Rampung di Awal 2024

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa rencana pembangunan Tol Serang - Panimbang akan rampung sekitar kuartal pertama tahun 2024.

"Dari total tol, sepanjang 26,5 Km Serang - Rangkasbitung sudah beroperasi, untuk seksi 2 Rangkasbitung - Cileles sepanjang 24,17 Km sedang dalam tahap konstruksi dengan progress lebih dari 30 persen, dan seksi 3 sepanjang 33 Km menghubungkan Cileles - Panimbang," kata MenPUPR Basuki.

Proyek pengerjaan tol merupakan bentuk dari Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dengan pembagian pengerjaan sepanjang 50km oleh badan usaha, dan sekitar 33 km dibangun oleh pemerintah. [idr]

Baca juga:
Pantau Progres Pembangunan Tol Cijago Seksi III
Jembatan Cujung Uji Beban, Tol Tangerang-Merak Macet 5 Km
Tol BSD Langganan Banjir, Pengelola Minta Pemkot Tangsel Normalisasi Kali Cibenda
Dapat Ganti Rugi Pembangunan Tol, Warga Satu Kecamatan di Aceh Tamiang Daftar Haji
PII Jamin 42 Proyek Infrastruktur Senilai Rp476 Triliun, Ada Tol Gedebage-Cilacap

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini