Tingkatkan ekonomi masyarakat, IZI luncurkan Zakat Game

Selasa, 15 Agustus 2017 17:50 Reporter : Siti Nur Azzura
Tingkatkan ekonomi masyarakat, IZI luncurkan Zakat Game Zakat Game. ©2017 merdeka.com/siti nur azzura

Merdeka.com - Direktur Utama Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Wildhan Dewayana mengatakan banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, salah satunya melalui zakat. Para pakar memperkirakan, potensi dana yang bisa dihasilkan melalui zakat berkisar antara Rp 100 triliun hingga Rp 200 triliun per tahun.

Dengan demikian, Lembaga Amil Zakat Nasional IZI meluncurkan suatu permainan yang bernama Zakat Game. Permainan ini diharapkan bisa menjadi sarana edukasi masyarakat sekaligus solusi untuk memperluas wawasan masyarakat mengenai zakat.

"Hasil evaluasi perjalanan dalam dunia perzakatan di Indonesia yang masih menjadi kendala adalah minimnya partisipasi dan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya berzakat. Maka dari itu sengaja kami hadirkan melalui pendekatan permainan Zakat Game agar masyarakat mudah menerima dan faham esensi zakat," kata Wildhan Dewayana di Jakarta, Selasa (15/8).

Dia menambahkan meningkatkan perekonomian masyarakat, diperlukan edukasi secara berlanjut kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran dalam berzakat. Sebab, wawasan masyarakat mengenai zakat hanya sebatas ditunaikan ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri, sementara masih banyak jenis Zakat yang sebenarnya harus ditunaikan.

Ketua Dewan Pengawas Syariah IZI, Oni Sahroni menyampaikan tujuan utama dibuatnya Zakat Game adalah mengedukasi dan memudahkan masyarakat untuk mehamahi zakat. Maka hukumnya dibolehkan karena hal ini merupakan salah satu upaya menegakkan Ekonomi Syariah.

"Tujuan utama dibuatnya permainan Zakat Game adalah untuk mengedukasi sekaligus memudahkan masyarakat untuk memahami zakat. Maka dalam hal ini dibolehkan, karena dalam rangka mempromosikan nilai-nilai Ekonomi Syariah juga," imbuh Oni. [sau]

Topik berita Terkait:
  1. Zakat Fitrah
  2. Ekonomi Indonesia
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini