Tiga Kandidat Ibu Kota Baru di Kalimantan, Mana yang Dipilih Jokowi?

Senin, 26 Agustus 2019 12:06 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Tiga Kandidat Ibu Kota Baru di Kalimantan, Mana yang Dipilih Jokowi? Maket Ibu Kota Baru. ©2019 dok. Kemen PUPR

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan lokasi ibu kota baru pengganti Jakarta, Senin (26/8) siang. Pengumuman dilakukan setelah (Bappenas) merampungkan kajian menyeluruh terkait pemindahan ibu kota baru ke Pulau Kalimantan.

Ada tiga kandidat ibu kota baru digadang-gadang sebagai pengganti Jakarta di Pulau Kalimantan. Di mana saja? Berikut daerah-daerahnya:

1 dari 3 halaman

Samboja

Presiden Jokowi memilih Pulau Kalimantan sebagai pengganti ibu kota yang baru. Kabarnya salah satu kandidat pengganti Jakarta ialah Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Samboja merupakan kecamatan paling selatan dengan luas wilayah mencapai 1.045,9 kilometer persegi. Kecamatan Samboja dikenal sebagai salah satu wilayah penghasil minyak bumi dan gas alam (migas) yang sangat penting di Kutai Kartanegara. Selain itu, Samboja juga dikenal sebagai wilayah pesisir yang memiliki pantai-pantai cantik. Di antaranya Pantai Tanah Merah, Pantai Tanjung Harapan dan Waduk Samboja.

Posisi Samboja dekat dengan Balikpapan dan Samarinda. Apalagi jalurnya saat ini sudah tersedia. Bahkan saat ini pembangunan proyek tol Balikpapan-Samarinda, yang merupakan tol pertama di Kalimantan, sudah selesai dibangun. Akses tol ini akan memudahkan menuju Samboja.

"Di sini semuanya saya melihat sangat mendukung, kebetulan ini berada di tengah-tengah jalan tol Samarinda-Balikpapan," kata Presiden Jokowi.

2 dari 3 halaman

Penajam

Selain Samboja, Kecamatan Penajam juga disebut-sebut sebagai calon ibu kota baru. Penajam terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Kabupaten itu memiliki luas 3.333 kilometer persegi dengan jumlah penduduk terkini sekitar 160.000 jiwa.

Sederetan infrastruktur sedang dan akan dibangun di PPU. Seperti tol laut terpanjang di Indonesia sepanjang 14 km yang dibangun di PPU menghubungkan ke Melawai di Balikpapan. Pemkab PPU juga segera membangun akses jalan dari PPU ke Kutai Barat. Jalan itu mempersingkat jarak tempuh dari PPU ke Kutai Barat dari 11 jam, menjadi hanya 2 jam.

Sebagian besar warga PPU bekerja sebagai petani. Kelistrikan di PPU pun surplus, di mana saat ini masuk di kelistrikan Kalimantan Selatan.

3 dari 3 halaman

Sepaku

Tak hanya Penajam, terdapat satu kecamatan lagi di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang digadang-gadang menjadi kandidat ibu kota baru pengganti Jakarta. Kecamatan itu yakni Sepaku.

Sepaku memiliki luas sekitar 1.172 kilometer persegi. Kecamatan Sepaku berdekatan dengan Kabupaten Kutai Barat dan Kota Balikpapan. Saat ini tengah dibangun jembatan TOl Teluk Balikpapan yang bakal memudahkan akses jalan ke Sepaku.

Kemudian, warga sepaku mayoritas bekerja di perkebunan kelapa sawit. Di sana juga merupakan kawasan hutan yang bisa dialihfungsikan. [has]

Baca juga:
Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Jokowi Tegaskan Jakarta Tetap Prioritas Pembangunan
Lima Alasan Jokowi Pilih Penajam Paser Utara & Kutai Kartanegara Jadi Ibu Kota Baru
Jokowi: Ibu Kota Baru Ada di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara
Jokowi Mau Umumkan Ibu Kota Baru, Gubernur Kaltim Diundang ke Istana
Tiga Kandidat Ibu Kota Baru di Kalimantan, Mana yang Dipilih Jokowi?

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini