'Tanpa Presiden Jokowi, kedaulatan laut RI cuma mimpi'

Selasa, 8 Mei 2018 15:21 Reporter : Supriatin
'Tanpa Presiden Jokowi, kedaulatan laut RI cuma mimpi' Penerbangan khusus Kartini Flight. ©2018 Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, memberikan sambutan di hadapan perwakilan nelayan dan peserta Rembug Nasional Tahun 2018 serta Musyawarah Nasional VII Himpunan Nelayan seluruh Indonesia di Istana Negara, Jakarta. Menteri Susi mengatakan, Presiden Jokowi memiliki komitmen kuat untuk memberdayakan sektor kelautan.

"Beliau (Jokowi) lah yang dengan segala komitmen penuh menjadikan laut NKRI ini menjadi berdaulat penuh, hanya untuk nelayan dan perikanan Indonesia. Tanpa komitmen dari beliau, kedaulatan laut Indonesia hanyalah mimpi," ucap Menteri Susi, Selasa (8/5).

Menteri Susi menyebut, Presiden Jokowi ingin laut jadi masa depan rakyat Indonesia. Untuk merealisasikan keinginan tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan akan mengawal menggunakan tiga pilar. "3 Pilar utamanya yaitu kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan," jelasnya.

Penerima gelar Doktor Honoris Causa ini menjelaskan, dahulu laut Indonesia dimanfaatkan oleh kapal asing untuk menangkap ikan. Sekarang, Kementerian Kelautan dan Perikanan tak memberi celah kepada pihak asing untuk mengeruk ikan dari laut Indonesia. Menteri Susi menegaskan, pemerintah berkomitmen untuk menjaga laut Indonesia.

"Komitmen ini ditunjukkan dengan pembentukan Satgas dan juga kemudahan-kemudahan dalam hal perizinan dan lain sebagainya," ujar Menteri Susi.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini