Tahun depan, pemerintah kembali rekrut 100.000 CPNS

Rabu, 8 Oktober 2014 08:02 Reporter : Idris Rusadi Putra
Tahun depan, pemerintah kembali rekrut 100.000 CPNS pelantikan cpns. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menuturkan rencana pemerintah kembali membuka lowongan CPNS tahun depan. Setidaknya pemerintah akan merekrut 100.000 CPNS.

Wakil MenPAN-RB Eko Prasodjo menyebut, 100.000 CPNS akan dibagi menjadi pegawai PNS dan pegawai pemerintah dengan kontrak perjanjian kerja. Namun Eko belum merinci komposisi masing-masing.

"Tahun depan kurang lebih sama yaitu 100.000 dibagi sebagian untuk PNS dan sebagian lagi untuk pegawai dengan perjanjian kerja," ucap Eko ketika ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, kemarin.

Eko memberi bocoran, pembukaan pendaftaran untuk CPNS 2015 akan dilakukan pada Oktober tahun depan. Ini menunggu kesiapan anggaran dalam APBN 2015 serta menunggu usulan jumlah PNS dari kementerian lembaga serta pemerintah daerah.

"Secara siklusnya kan biasanya sampai bulan April kita menerima usulan karena ini terkait dengan anggaran, maka juni sudah di fix kan secara bertahap sampai nanti bulan Oktober sampai pemberian formasinya," tegasnya.

Di sisi lain, Eko tidak bisa memastikan apakah pembatalan perekrutan CPNS oleh 40 Pemda tahun ini, akan dimasukkan pada lowongan CPNS tahun depan.

"Sangat tergantung apakah daerah atau kementerian yang bersangkutan masih membutuhkan atau enggak. Lihat dulu ketersediaan APBN," tutupnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. CPNS
  3. PNS
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini