Sri Mulyani Minta Milenial Tak Terlena Janji Manis Indonesia Maju 2045

Kamis, 1 Desember 2022 15:24 Reporter : Merdeka
Sri Mulyani Minta Milenial Tak Terlena Janji Manis Indonesia Maju 2045 Menkeu Sri Mulyani. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati meminta generasi milenial tidak terlena dengan janji Indonesia 2045 jadi negara maju, seperti yang ditargetkan pemerintah.

Sri Mulyani menyampaikan bahwa pemerintah memang telah menyiapkan Indonesia Maju 2045, dan tepat dengan ulang tahun negara yang ke-100 tahun. Namun, berkaca dari banyak negara juga ada yang belum maju meski sudah berusia lebih 100 tahun.

"Banyak negara yang sudah merdeka lebih dari 100 tahun juga. Banyak yang mencapai suatu kemajuan, tapi ada juga yang jalan di tempat, bahkan mengalami set back," ujar Sri Mulyani dalam Mofest 2022, Kamis (1/12).

Oleh karenanya, Sri Mulyani tak ingin generasi muda termakan begitu saja atas janji-janji Indonesia 2045 yang banyak didengungkan.

"Kita tidak boleh taken for granted as in the future itu it's gonna be destiny yang fix, oh yang bagus deh, Indonesia 2045 pasti akan lebih bagus dari sekarang," kata Sri Mulyani.

"Itu enggak benar. Kalau kalian secara mental, secara sikap taken for granted, menerima saja dan berasumsi bahwa masa depan itu akan selalu lebih baik dibandingkan sekarang, karena ada negara yang set back," tegasnya.

Pada 2045, dia mengatakan, negara pasti akan berada di bawah kendali generasi milenial saat ini.

"Kalau kita ingin 2045, Anda tentu mengharapkan Indonesia yang punya banyak sekali kesempatan, banyak sekali peluang, banyak sekali alternatif terhadap berbagai macam talent, dan aset generasi muda yang memang membutuhkan dan dibutuhkan," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Tergolong Lebih Muda

Sri Mulyani pun menilai, usia 100 tahun Indonesia pada 2045 tergolong masih lebih muda dibanding banyak negara maju. Sebagai perbandingan, Amerika Serikat saja kini sudah berusia lebih dari 200 tahun.

Lalu negara-negara Uni Eropa, China hingga Timur Tengah pun telah mengalami evolusi abad ke abad sejak mereka masih berbentuk kerajaan.

"So, untuk Indonesia mencapai 2045 lihat antar negara, for sure, kita memiliki keyakinan karena waktu merdeka dilandasi cita-cita para founding fathers dan mothers kita, yang menginginkan indonesia jadi negara sejahtera, adil dan makmur," imbuh Sri Mulyani.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Pelaku Usaha Diminta Waspada, Konsumsi Rumah Tangga Mulai Melemah
Strategi Ganjar Ciptakan Iklim Investasi Murah, Cepat dan Bebas Pungli di Jateng
Infrastruktur Makin Rata, Jokowi Optimis Banyak Sumber Ekonomi Baru di Luar Jawa
Jokowi Pamer Ekonomi Maluku Utara Tertinggi di Dunia: Tak Percaya, Cek!
Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi 6 Persen, Menteri Bahlil Minta Tambahan DAK
Ancaman Inflasi Hingga Kenaikan Suku Bunga Ada di Depan Mata

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini