Selama Mudik 2019, Jasa Marga Kembali Buka 4 Jalur Tol Jakarta-Cikampek

Senin, 29 April 2019 12:11 Reporter : Merdeka
Selama Mudik 2019, Jasa Marga Kembali Buka 4 Jalur Tol Jakarta-Cikampek Proyek di Tol Cikampek Dihentikan Selama Mudik 2019. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memastikan tol Jakarta-Cikampek akan kembali dibuka 4 lajur guna memperlancar arus mudik dan balik Lebaran 2019 nanti. Hal ini karena pengerjaan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Japek Elevated pada mudik 2019 sementara waktu akan dihentikan agar kapasitas jalan di bawahnya bisa kembali seperti semula.

"Jakarta-Cikampek itu kan 4 lajur. Jadi nanti proyek (Japek Elevated) kan tidak akan beroperasi, menjelang Lebaran dan sesudah Lebaran. Ada masa-masa proyek tidak beroperasi," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, di Fairmont Hotel, Jakarta, Senin (29/4).

Pria yang akrab disapa Heru ini menginformasikan, pembangunan Japek Elevated saat ini telah mencapai 81 persen. Diharapkan, tol layang ini bisa memasuki tahap uji laik fungsi pada September 2019 mendatang.

Dengan dihentikannya sementara pengerjaan Japek Elevated ini, dia meyakini daya tampung Tol Jakarta-Cikampek eksisting bisa bertambah sebanyak 2.600 unit kendaraan per jam.

"Kalau berkurang 1 lajur itu berkurang 2.600 (unit) per jam. Jadi kalau lajur itu hidup lagi karena proyek tidak beroperasi, berarti penambahannya 2.600 (unit) per jam. Itu sangat besar sekali, signifikan," jelasnya.

Kendati begitu, dia belum bisa memastikan kapan Tol Jakarta-Cikampek ini bakal kembali dioperasikan sebanyak 4 lajur. "Nanti akan dikomunikasikan lagi dengan Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan," ungkapnya.

Heru menyebutkan pihak pengelola tol juga harus memperhatikan penyetopan proyek ini lewat dua sisi. Yakni agar bagaimana proyek tetap bisa selesai sesuai jadwal, tapi juga di sisi lain bagaimana pengguna jalan bisa diakomodir saat arus mudik dan balik Lebaran 2019?

"Jadi memang ada masa di mana kita harus memberikan kesempatan kepada saudara-saudara kita. Kan Mudik 2019 ini tradisi tahunan, dan misinya ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kan Tol Trans Jawa sudah tersambung," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini