Sandiaga Uno: 5 Destinasi Wisata Prioritas Tarik Investasi Rp6,46 Triliun

Jumat, 9 September 2022 13:10 Reporter : Anisyah Al Faqir
Sandiaga Uno: 5 Destinasi Wisata Prioritas Tarik Investasi Rp6,46 Triliun Sandiaga Uno. istimewa ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyebut sektor pariwisata telah menarik Investasi sebesar USD 435, juta atau setara Rp6,46 triliun. Investasi tersebut masuk ke lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang ada di Indonesia.

"Kita patut berbangga secara keseluruhan 5 destinasi super prioritas telah menarik total nilai investasi sebesar USD 435,5 juta," kata Sandiaga dalam Forum Investasi 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Labuan Bajo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Jumat, (9/9).

Sandiaga menginginkan agar badan otorita pariwisata bisa berubah status menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Ini bertujuan gar geraknya lebih cepat dan lebih lincah dalam menarik investasi yang jauh lebih besar lagi.

"Sehingga pembangunan dan pengembangan 5 destinasi pariwisata super prioritas dapat dipercepat," ujarnya.

Pengembangan 5 DPSP oleh world Economic Forum ini kata Sandiaga, diyakini mampu mengangkat ranking Indonesia dalam skor indeks pengembangan perjalanan dan pariwisata (score travel and tourism development index). Sebab program ini memprioritaskan kebijakan pemerintah untuk 5 DPSP.

2 dari 2 halaman

Ciptakan Pariwisata Selain Bali

Sehingga bisa menciptakan berbagai destinasi kelas dunia di Indonesia terbaru selain Bali. Agar tercipta pemerataan perekonomian dan memaksimalkan sumber daya pariwisata yang ada di Indonesia.

"28 Juli lalu kami telah menyelenggarakan forum investasi bersama pengelola kawasan pariwisata dan memaparkan project ready to offer, serta kebutuhan pembiayaan kepada beberapa lembaga pembiayaan," kata dia.

Melalui forum ini kata Sandiaga dia berharap bisa mengakselerasi pembangunan sumber destinasi prioritas. Terutama melalui kawasan ekonomi khusus pariwisata dan badan otorita pariwisata.

Baca juga:
Tempat Wisata di Karanganyar Populer, Rekomendasi Liburan Mudah dan Terjangkau
Pertama Kalinya, Pariwisata Indonesia Kalahkan Thailand dan Malaysia
Mengenal Wisata Umbul Sidomukti yang Indah dan Memesona, Wajib Dikunjungi
Potensi Tersembunyi Kaimana, Senja Eksotis hingga Teluk Triton yang Memukau
Kawasan Wisata Halal Ini Diharapkan Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini