Rizal Ramli Ramal Pertumbuhan Ekonomi 2019 Hanya 4,5 Persen

Senin, 12 Agustus 2019 13:38 Reporter : Anggun P. Situmorang
Rizal Ramli Ramal Pertumbuhan Ekonomi 2019 Hanya 4,5 Persen Rizal Ramli. ©2018 Merdeka.com/Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Mantan Menteri Keuangan Rizal Ramli, meramal pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini sebesar 4,5 Persen. Prediksi tersebut dengan mempertimbangkan seluruh faktor ekonomi makro yang terus menurun dalam beberapa waktu terakhir.

"Kami ingin mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan nyungsep, paling hanya 4,5 persen. Karena sampai sekarang pun baru 5,05 persen," ujar Rizal dalam acara diskusi di Kawasan Tebet, Jakarta, Senin (12).

Salah satu ekonomi makro yang terus menurun seperti current account defisit (CAD) merosot ke USD 8 miliar. Hal ini harus menjadi perhatian pemerintah jangan sampai kondisi ini membuat Indonesia harus mengalami krisis seperti 1997 dan 1998.

"Indikator makro menunjukkan makin merosot. Grafik CAD makin merosot sampai terakhir USD 8 miliar. Dulu juga terjadi 1998 kayak gini. Cuma seperti biasa pejabat kita kepedean sibuk bantah-bantah," jelasnya.

Mantan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman tersebut menambahkan, pemerintah ke depan harus memperbaiki seluruh komponen ekonomi makro agar pertumbuhan semakin besar. Selain itu, dia juga meminta pemerintah tidak menjadikan ekonomi sebagai proyek.

"Saya ingin mengatakan bahwa ekonomi bukan proyek. Mohon maaf ekonomi bukan hanya itu, tapi indikator lain juga seperti daya beli, pekerjaan dan macam-macam. Kalau hanya proyek bisa jebol nanti," tandasnya. [azz]

Baca juga:
Pemerintah Kembangkan Hortikultura Genjot Ekspor dan Ekonomi Daerah
Di HUT BEI ke-42, Bos OJK Sebut Ekonomi Indonesia Masih Positif
Belanja APBN yang Tinggi Dinilai Belum Mampu Dongkrak Ekonomi RI
Yusuf Mansur Ajak Masyarakat Satukan Potensi Ekonomi Melalui Kurban
Cerita Bos BKPM: Pendapatan China Tumbuh 20 Kali Lipat Berkat Investasi Asing
Wapres JK Ingatkan Menko Darmin dan Sri Mulyani Soal Krisis Ekonomi 10 Tahunan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini