RI Siap Sambut Kenormalan Baru, Rupiah Ditutup Menguat di Rp 14.610 per USD

Jumat, 29 Mei 2020 16:12 Reporter : Anggun P. Situmorang
RI Siap Sambut Kenormalan Baru, Rupiah Ditutup Menguat di Rp 14.610 per USD Rupiah. ©2018 Merdeka.com/Azzura Zurae

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) ditutup menguat pada perdagangan hari ini, Jumat (29/5). Rupiah tercatat berada pada level Rp14.610 atau menguat sekitar 105 poin dari penutupan sebelumnya di level Rp14.715 per USD.

Direktur TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim, mengatakan penguatan Rupiah disebabkan oleh era kehidupan baru (New normal) sedang disiapkan oleh pemerintah guna untuk memutar kembali roda perekonomian yang sempat terhenti akibat pandemi Virus Corona.

"Namun era kehidupan baru tersebut perlu ada pengawalan dari pemerintah agar sesuai dengan regulasi yang sudah dibuat oleh pemerintah sehingga pelaksanaan kegiatan nantinya benar-benar menuju kesebuah tatanan baru atau yang kita kenal dengan new normal," ujarnya.

Disisi lain Bank Indonesia dalam paparan Perkembangan Ekonomi Terkini kemarin mengatakan sangat optimistis nilai tukar Rupiah saat ini masih undervalue, dan ke depannya akan kembali menguat ke nilai fundamentalnya atau kembali ke level sebelum pandemi penyakit Virus Corona terjadi di kisaran Rp 13.600 hingga Rp13.800 per USD.

1 dari 1 halaman

Sedangkan fundamental akan diukur dari inflasi yang rendah, current account deficit (CAD) yang lebih rendah, aliran modal asing yang masuk ke SBN (Surat Berharga Negara) akan terus meningkat sehingga memperkuat dan memperkokoh mata uang Garuda. Dengan demikian, Bank Indonesia tidak perlu lagi menurunkan suku bunga acuan dalam pertemuan bulan Juni mendatang.

"Walaupun pasar global terus bergejolak namun Bank Indonesia optimistis bahwa fundamental ekonomi masih kuat dan stabil sehingga arus modal asing yang di perdagangkan sesi pagi kembali keluar pasar, pada saat mendekati penutupan pasar arus modal asing kembali masuk dan kembali membanjiri pasar valas dan obligasi dalam negeri," tandasnya.

[bim]

Baca juga:
Sempat Melemah, Rupiah Bergerak Menguat di Level Rp 14.657 per USD
Gubernur BI Catat Nilai Tukar Rupiah Menguat ke Level Rp14.670 per USD
Nilai Tukar Rupiah Terhadap USD Diprediksi Melemah
Nilai Tukar Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp14.755 per USD
Rupiah Diprediksi Menguat Usai Pelonggaran Lockdown di Sejumlah Negara
Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Menguat ke Rp14.750/USD Dipicu Uji Coba Vaksin Corona
Rupiah Menguat Tipis ke Rp14.780/USD Didorong Kebijakan BI Pertahankan Suku Bunga

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini