Ramadan, pengeluaran belanja masyarakat meningkat 30 persen

Jumat, 23 Juni 2017 13:40 Reporter : Anggun P. Situmorang
Ramadan, pengeluaran belanja masyarakat meningkat 30 persen belanja online. shutterstock

Merdeka.com - Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Indonesia untuk membeli berbagai perlengkapan guna menyambut Hari Raya Idul Fitri, seperti pakaian, bingkisan, hingga aksesoris.

Menurut data Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), pengeluaran belanja masyarakat di bulan Ramadan tahun 2016 melonjak hingga 30 persen dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

"Beragam jenis usaha seperti mal, pusat perbelanjaan, supermarket, termasuk online shopping pun ramai akan pembeli. Di sisi lain, para pemudik sudah siap dengan tiket pesawat, kereta api, bis, atau kapal agar dapat pulang ke kampung," ujar Presiden Direktur PT. Visa Worldwide Indonesia, Harianto Gunawan melalui keterangan resminya, Jakarta, Jumat (23/6).

Dia menambahkan, saat ini masyarakat lebih memilih kenyamanan, kecepatan sekaligus keamanan yang lebih, oleh karena itu mengantre untuk membeli tiket, atau bahkan sekadar mengantre di kasir sudah bukan menjadi pilihan. Itulah salah satu alasan mengapa transaksi belanja online terus meningkat.

Survei Consumer Payment Attitude yang dilakukan oleh Visa tahun 2016 lalu menunjukkan bahwa 86 persen masyarakat Indonesia berbelanja online setidaknya satu kali dalam sebulan, meningkat 16 persen dibandingkan dengan tahun 2015.

Survei tersebut juga menemukan bahwa travel (53%) merupakan kategori yang paling banyak dibeli konsumen secara online dalam 12 bulan terakhir, yakni sebanyak 53 persen menempati peringkat kedua setelah produk fesyen dan aksesoris sebesar 63 persen.

Selain itu 74 persen responden mengakui bahwa harga yang lebih murah merupakan salah satu alasan mengapa mereka lebih suka berbelanja online. 78 persen responden lainnya memilih belanja online setelah membaca review, komentar dan feedback yang ada di media sosial, sementara 69 persen responden berbelanja online karena banyaknya promo menarik yang ditawarkan. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini