Punya modal Rp 32 triliun, CIMB Niaga masuk kelompok bank papan atas

Selasa, 25 April 2017 18:32 Reporter : Syifa Hanifah
Punya modal Rp 32 triliun, CIMB Niaga masuk kelompok bank papan atas Bank CIMB Niaga. ©imageshack.us

Merdeka.com - PT Bank CIMB Niaga Tbk mencatat kepemilikan modal mencapai Rp 32 triliun. Ini membuat CIMB Niaga masuk kelompok Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) 4.

Kelompok papan atas tersebut sudah dihuni terlebih dulu oleh empat bank. Namun, Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan menegaskan pihaknya menjadi yang pertama berkategori BUKU IV. Jika patokannya adalah sejak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan regulasi terkait kegiatan usaha bank berdasarkan modal inti.

"Tadinya ada 4 bank. Sekarang ada lima, termasuk kami," kata Tigor, Jakarta, Selasa (25/4).

"Bersyukur dengan pencapaian ini, kami merasa pelayanan nasabah bisa kami tingkatkan. Dari segi produk pelayanan dan lainnya bisa sesuai dengan ekspektasi dan lebih bagi konsumer. Ini jerih payah dari seluruh nasabah, market, regulator, dan karyawan."

Berdasarkan Peraturan OJK NOMOR 6 /POJK.03/2016, bank terbagi menjadi empat kelompok yang didasarkan pada kepemilikan modal inti.

Pertama, kelompok bank dengan modal inti tak lebih dari Rp 1 triliun (BUKU I). Kedua, kelompok bank dengan modal inti sedikitnya sebesar Rp 1 triliun hingga kurang dari Rp 5 triliun (BUKU II).

Ketiga, kelompok bank dengan modal inti minimal Rp 5 triliun hingga kurang dari Rp 30 triliun (BUKU III). Keempat, kelompok bank dengan modal inti minimal Rp 30 triliun (BUKU IV). [yud]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini