Presiden Jokowi sebut nilai 4 start up Indonesia setara unicorn 28 negara Eropa

Rabu, 12 September 2018 16:06 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Jokowi di Surabaya. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Presiden Jokowi membanggakan bahwa kaum muda Indonesia saat ini sedang menggerakkan transformasi industri jual beli daring (e-commerce) dan ekonomi digital. Besarnya pasar Indonesia berimbas pada kehadiran empat perusahaan start up dengan nilai luar biasa besar.

"Saat ini, Indonesia telah memiliki empat Unicorn atau perusahaan start-up dengan nilai miliaran Dolar, sama dengan jumlah Unicorn di gabungan 28 negara di Uni Eropa, ucap Presiden Jokowi seperti dikutip dari laman Setkab saat menyampaikan pidatonya pada World Economic Forum on ASEAN, di National Convention Center, Hanoi, Vietnam, Rabu (12/9).

Menurut Presiden Jokowi, sumber daya manusia juga turut mendorong revolusi industri keempat atau Revolusi Industri 4.0. Presiden mengatakan bahwa pada 4 April lalu dia telah meluncurkan program Revolusi Industri 4.0 yang diberi nama 'Making Indonesia 4.0'.

"Saya percaya bahwa Revolusi Industri 4.0 akan menciptakan banyak lapangan kerja dan meningkatkan kesetaraan, karena salah satu aspek penting dari Industri 4.0 adalah penurunan biaya produk dan jasa sehingga menyebabkan produk tersebut lebih murah dan mudah dijangkau bagi kalangan berpendapatan rendah," ujar Presiden Jokowi.

Oleh sebab itu, Presiden Jokowi meyakini, ASEAN, termasuk Indonesia akan menjadi yang terdepan dalam Revolusi Industri 4.0. Presiden kembali mencontohkan dalam Asian Games misalnya, Indonesia telah mempertunjukkan uji coba mobil otonom (tanpa pengemudi) yang beroperasi di jaringan 5G.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini