Presiden Jokowi minta dukungan Ceko untuk sawit RI tetap masuk Eropa

Senin, 17 September 2018 13:10 Reporter : Supriatin
Presiden Jokowi minta dukungan Ceko untuk sawit RI tetap masuk Eropa Jokowi terima delegasi senat Ceko. ©2018 Merdeka.com/Titin Supriatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo menerima delegasi Senat Republik Ceko di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/9). Dalam pertemuan, Presiden Jokowi meminta Senat Ceko mendukung produk kelapa sawit Indonesia di Eropa.

"Pesan yang disampaikan adalah permintaan dukungan terhadap produk kelapa sawit Indonesia," kata Wamenlu A.M. Fachir di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/9).

Menurut Fachir, Presiden Jokowi menjelaskan kepada Senat Ceko, bahwa sekitar 17 juta petani Indonesia menggantungkan nasibnya pada produk sawit. Oleh karena itu, perlu dukungan dan perhatian dari pelbagai pihak untuk menjaga stabilitas ekspor sawit sehingga kehidupan petani berada dalam kondisi aman.

Permintaan dukungan oleh Presiden Jokowi ini terkait dengan masih adanya kampanye hitam terhadap produk sawit Indonesia di Eropa. Indonesia kini berjuang untuk melawan kebijakan diskriminatif produk sawit dan turunannya masuk ke Eropa.

Parlemen Eropa mengeluarkan resolusi sawit pada awal Bulan April 2017 lalu. Mereka mengancam embargo minyak sawit yang dikaitkan dengan sejumlah isu lingkungan seperti deforestasi, kebakaran hutan, emisi GHG dan gambut. Bahkan, Uni Eropa merencanakan akan mengembargo penggunaan minyak sawit sebagai bahan baku biodiesel mulai 2021. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini