Perluas Bandara Palembang, AP II siapkan Rp 130 miliar

Jumat, 4 Maret 2016 09:17 Reporter : Novita Intan Sari
Perluas Bandara Palembang, AP II siapkan Rp 130 miliar Bandara 2. ©achmadyani-airport.com

Merdeka.com - PT Angkasa Pura (AP) II menginvestasikan Rp 130 miliar guna meningkatkan kapasitas pelayanan penumpang di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Palembang, Sumatera Selatan. Bandara ini diproyeksikan rampung pada Juli 2018 dan ini sejalan dengan persiapan rencana perluasan bandara dalam mendukung penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games 2018 mendatang.

Direktur Utama AP II, Budi Karya Sumadi mengatakan, fasilitas terminal di bandara yang awalnya hanya hanya berkapasitas 3,4 juta penumpang akan ditambah menjadi 4 juta penumpang. Selain itu juga akan dilakukan penambahan konter check ini menjadi 43 tempat.

"Untuk memperlancar operasional dan pelayanan penerbangan bandara ini akan memperluas area sehingga bisa menampung 15 unit pesawat, dan kami juga menambah fasilitas garbarata dari 5 unit menjadi 8 unit," kata Budi Karya dalam keterangan tulis, Jakarta, Jumat (4/3).

Dalam rangkaian kunjungan ke wilayah Sumatera, Presiden Jokowi juga meninjau pembangunan Light Rail Trail (LRT) Zona 1 di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan pembangunan Jalan Tol Palembang-Indralaya. Kedua sarana infrastruktur transportasi tersebut nantinya akan mendukung guna memberikan kemudahan dan kelancaran akses ke Bandara.

Budi menambahkan, perluasan bandara tersebut tidak sebatas sebagai upaya menyukseskan pelaksanaan pesta olah raga Asian Games 2018. Perluasan bandara ini juga sebagai langkah kongkrit dalam mengakomodir laju pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumsel yang semakin meningkat.

"Perluasan bandara serta pembangunan akses transportasi LRT dan jalan tol akan menjadi daya tarik dan nilai tambah lebih bagi dari Sumsel untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang signifikan," katanya. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Angkasa Pura II
  2. Bandara
  3. BUMN
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini