Penumpang Kapal Pesiar Colombus dari Australia Dinyatakan Bebas Virus Corona

Jumat, 13 Maret 2020 18:47 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Penumpang Kapal Pesiar Colombus dari Australia Dinyatakan Bebas Virus Corona Kapal Pesiar MV Columbus. ©2020 Merdeka.com/Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Kapal Pesiar berbendera Bahama, MV Colombus, akhirnya diizinkan bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah. Kapal yang mengangkut 1.044 wisatawan tersebut bersandar di Pelabuhan Semarang sekitar pukul 12.30 WIB.

Berdasarkan informasi yang diperoleh semua penumpang dinyatakan sehat dan tidak ditemui gejala Virus Corona. Nantinya, para turis akan diajak untuk berkunjung di beberapa destinasi wisata di daerah Jateng di antaranya, Borobudur, Ambarawa, dan Semarang City Tour.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengatakan para penumpang telah dinyatakan bersih dari Virus Corona. Untuk itu, para turis dipersilakan untuk menurunkan penumpang di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

"Tadi semua penumpang sudah dinyatakan clear dari Virus Corona. Tidak ada gejala yang mengarah ke Virus Corona," kata Yulianto di Semarang, Jumat (13/3).

1 dari 1 halaman

Meski demikian, hanya 350 penumpang yang bisa berwisata, selebihnya tidak bisa ikut paket wisata karena kondisi pemeriksaan kesehatan terlalu lama sejak pagi hingga siang.

"Jadi dari 1044 wisman hanya 350 orang saja yang bisa berwisata. Sisanya 694 orang tidak bisa ikut paket wisata, sebab pemeriksaan kesehatan molor sampai siang, jadi kehabisan waktu," kata Brand Manager Nusantara Tour Jawa Tengah, Anik Ningtiyas Suryani.

Karena beberapa para turis tidak bisa ikut paket wisata, kata Anik, akan memberikan solusi para turis diajak berkunjung ke Mall Ciputra di Kota Semarang. "Total 694 turis yang tidak bisa ikut paket wisata, para wisman kita carikan solusi ajak jalan-jalan Mall, agar mereka tidak bosan," jelasnya. [azz]

Baca juga:
Industri Perhotelan dan Restoran Ditargetkan Hanya Tumbuh 5 Persen
Pengusaha Belum Rasakan Manfaat Insentif di Sektor Pariwisata
Kepanikan Masyarakat Soal Virus Corona Dinilai Bikin Ekonomi RI Turun
Bisnis Pariwisata Kota Batu Turun 20 Persen Akibat Virus Corona
Dampak Pembatasan Turis Asal 3 Negara, Erick Thohir Buka Peluang Baru

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini