Penjualan Pakaian Diprediksi Meningkat Hingga 400 Persen Saat Ramadan

Rabu, 1 Mei 2019 16:37 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Penjualan Pakaian Diprediksi Meningkat Hingga 400 Persen Saat Ramadan pasar tanah abang. ©2018 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian perindustrian, Gati Wibawaningsih, mengaku optimis penjualan produk pakaian akan meningkat jelang bulan suci Ramadan. Menurutnya, peningkatan penjualan bahkan bisa mencapai ratusan persen.

"Di hari raya itu bisa puluhan kali lipat. Bisa 300 persen atau 400 persen bahkan," ujar Gati saat ditemui, di JCC, Jakarta, Rabu (1/5).

Hal ini, tentu disebabkan banyaknya masyarakat yang berbelanja pakaian dalam hari-hari menjelang Ramadhan. Jumlah umat muslim yang besar tentu akan mendorong naiknya penjualan secara signifikan.

"Mau Lebaran pasti beli baju dong. Ada berapa ratus juta tuh yang beli baju saat lebaran," kata dia.

Selain itu, keadaan ekonomi global yang menunjukkan pemulihan, kata Gati, akan turut membantu peningkatan konsumsi masyarakat, termasuk jelang lebaran.

Sebagai contoh dia mengatakan jika ekonomi dunia membaik, maka kegiatan perdagangan, seperti ekspor akan meningkat. Naiknya ekspor tentu akan memberikan dampak pada naiknya pendapatan masyarakat yang bekerja di sektor tersebut.

"Kan begini, pasar dunia terbuka, produk Indonesia yang diekspor banyak. Yang kerja di produsen eksportir ini kan orang Indonesia. Kalau ekspor naik, income mereka naik. Kalau income mereka naik mereka pasti belanja. Tahun ini pasti meningkat, karena ekspor dunia itu," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini