Peningkatan kualitas SDM buat Indonesia tidak jadi negara kuli

Senin, 6 Mei 2013 09:39 Reporter : Saugy Riyandi
Industri Pabrik Tekstil. newimg.globalmarket.com

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan betapa pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat. Kualitas SDM menentukan daya saing Indonesia di percaturan ekonomi dunia.

"Kita paling tidak harus mempunyai empat, yaitu pertama dan utama SDM modal utama kita, kalau bisa yang kedua saya katakan tetap saya bilang SDM kekuatan kita dan ketiga, tentu SDM itulah kekuatan bangsa ini, yang keempat baru SDA sebagai pelengkap," ujar dia di Malang, Senin (6/5).

Menurut Hatta, percepatan suatu pembangunan harus dimulai dari masyarakat yang tangguh dan mempunyai ilmu pengetahuan. "Menyiapkan masyarakat-masyarakat yang tangguh dan berpengetahuan. Karena dia bisa mendorong ke arah innovation driven economy," tegas dia.

Dengan menyiapkan SDM yang unggul dan tangguh, lanjut dia, maka inovasi akan terus terjadi di negara ini. Hatta menegaskan pemerintah tidak ingin bangsa Indonesia menjadi bangsa kuli, yang bisanya hanya mengekspor bahan mentah saja. "Kalau mengekspor bahan mentah saja, maka bangsa ini menjadi bangsa kuli, bangsa yang menggantungkan bangsa lain," kata dia.

Untuk itu, lanjut Hatta, pada tahun 2014 yang akan datang, pemerintah dengan tegas melarang ekspor bahan mentah ke luar negeri, dan harus diolah di dalam negeri. "Kami katakan semua tidak boleh diekspor dalam barang mentah, semua harus ada industrinya, hilirisasi harus kita gerakkan, dengan demikian insinyur kita bekerja dan inovasi akan tumbuh karena teknologi kita berbasis nilai tambah," tuturnya. [bmo]

Topik berita Terkait:
  1. Hatta Rajasa
  2. Ekonomi Indonesia
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini