Pengusaha Sepatu Rp 147.000 jadi Orang Terkaya Baru India, ini Kisah Suksesnya

Kamis, 19 Mei 2022 06:30 Reporter : Merdeka
Pengusaha Sepatu Rp 147.000 jadi Orang Terkaya Baru India, ini Kisah Suksesnya Pilih-Pilih Sepatu Olahraga Ternyata Ada 'Rumusnya', Apa Saja?. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - India mencatat kedatangan orang terkaya baru. Miliarder baru itu adalah Hari Krishan Agarwal (66). Dia adalah pendiri merek sepatu olahraga Campus Activewear yang berbasis di New Delhi, India.

Dilansir dari laman Forbes, Agarwal memasuki daftar miliarder setelah perusahaan sepatu olahraganya melakukan IPO.

74 persen saham Agarwal sekarang bernilai sekitar USD 1 miliar (Rp 14,7 triliun). Perjalanan kewirausahaan Agarwal dimulai pada 1983 ketika dia mendirikan merek sepatu olahraga "Action".

Kemudian pada 2005, dia meluncurkan sepatu olahraga dengan merek "Campus" dengan harga di bawah USD 10 atau sekitar Rp 147.000.

Penetapan harga ini meningkatkan daya saing sepatu Campus di pasar India. Di mana, sepatu merek global seperti Nike, Adidas dan Puma, yang menjual sepatu olahraga dengan harga lebih dari USD 35.

"Dia memanfaatkan kekosongan besar di pasar sepatu olahraga India—dalam kisaran harga USD 10 hingga USD 40," kata kepala keuangan Campus, Raman Chawla.

Analis memperkirakan merek sepatu lokal Campus akan terus bertumbuh. Sebab, sepatu olahraga adalah segmen dengan pertumbuhan tercepat di sektor alas kaki.

Selain itu, Analis juga memperkirakan permintaan sepatu olahraga di India bisa terus meningkat. Hal ini dikarenakan pengeluaran konsumen per kapita untuk produk olahraga di India hanya sebesar USD 1,9 dibandingkan USD 33,8 di China dan USD 227,3 di AS, menurut Technopak.

"Athleisure adalah segmen yang sangat kurang ditembus," kata Sneha Poddar, analis riset di Mumbai investment house Motilal Oswal.

Sneha Poddar mengungkapkan, pasar utama untuk Campus terdiri dari kota-kota kecil di India utara dan timur, tetapi sekarang melihat metro yang lebih besar dan membangun jejak nasional.

"Selain itu, merek ini juga memperluas jangkauan produk dari sepatu olahraga hingga sepatu kasual," tambah Poddar.

2 dari 2 halaman

Industri Sepatu Olahraga di India Cetak Tiga Miliarder

olahraga di india cetak tiga miliarder

Industri sepatu di India yang nilainya mencapai USD 9 miliar atau setara Rp 132,2 triliun ternyata telah melahirkan tiga miliarder dalam beberapa tahun terakhir.

Mereka di antaranya adalah dua saudara yakni Mukand Lal Dua dan Ramesh Kumar Dua, yang menjalankan Relaxo Footwear dengan pendapatan senilai USD 350 juta atau Rp 5,1 triliun.

Terakhir ialah Rafique Malik, yang memiliki Metro Brands yang berbasis di Mumbai dengan pendapatan hingga USD 107 juta atau Rp 1,5 triliun.

Reporter: Natasha Khairunisa Amani
Sumber: Liputan6

Baca juga:
Pesan Miliarder: Berkarier Sesuai Kegemaran Bikin Mau Bekerja Keras
Miliarder Ini Justru Raup Cuan dari Perang Rusia-Ukraina
Kekayaan Bos Baterai Kendaraan Listrik Asal China Anjlok Akibat Lockdown
Warren Buffett: Anda Belum Sukses Jika Belum Memiliki Hal Ini
Deretan Miliarder Dunia Penguasa Media
Miliarder Rusia Ini Gelontorkan Rp1,44 Triliun Bantu Pengungsi Ukraina

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini