Pemerintah Bakal Beri Diskon Tiket Pesawat Sekitar Rp700.000 bagi Turis Asing

Rabu, 26 Februari 2020 13:37 Reporter : Anggun P. Situmorang
Pemerintah Bakal Beri Diskon Tiket Pesawat Sekitar Rp700.000 bagi Turis Asing Ilustrasi tiket pesawat. ©Shutterstock.com/RAGMA IMAGES

Merdeka.com - Pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp72 miliar bagi influencer dalam mempromosikan pariwisata Indonesia di tengah merebaknya virus corona. Nantinya, pengelolaan dana tersebut akan berada di bawah Kementerian Pariwisata.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, selain dana influencer, pemerintah juga menyiapkan insentif dalam bentuk pemberian diskon tiket pesawat sekitar USD 50 atau sekitar Rp699.455 (asumsi USD 13.988). Pemberian diskon tersebut akan diatur oleh maskapai.

"Itu semuanya di pariwisata, karena itu bagian dari paket wisman dan wisnus. Wisman kalau dari AS atau Australia itu setiap orang begitu ke Indonesia dapat 50 USD. Teknisnya dengan industri pariwisata, airline masing-masing," ujarnya di Pasific Place, Jakarta, Rabu (26/2).

Sementara itu, untuk maskapai dalam negeri pemerintah akan memberikan diskon sebesar 30 persen untuk 10 destinasi tujuan wisata. Diskon tersebut berasal dari insentif penurunan harga avtur.

"Diskonnya untuk pesawat pemerintah kasih kuota setiap pesawat 25 persen dari pesawat kasih diskon 30 persen. Itu on top dilakukan untuk pesawat-pesawat plus avtur di 10 destinasi diturunkan sehingga tentu airline bisa memberikan tambahan," jelasnya.

Mantan Menteri Perindustrian tersebut menambahkan, teknis pengaturan pemberian diskon untuk menarik wisatawan tersebut diatur oleh Menteri Pariwisata Wishnutama. "Teknisnya dengan industri pariwisata, airline masing-masing. Kita akan dorong bahwa paket paket ini leading sektornya di menteri pariwisata," tandasnya.

1 dari 1 halaman

Siapkan Rp 72 Miliar untuk Influencer

72 miliar untuk influencer

Sebelumnya, Pemerintah Jokowi meluncurkan sejumlah strategi untuk mengatasi dampak menyebarnya virus corona, terutama untuk mengantisipasi melemahnya industri pariwisata dan membuat stimulus agar daya beli masyarakat dapat bertahan. Pemerintah meluncurkan beberapa insentif, termasuk menyediakan anggaran untuk influencer.

"Ada anggaran promosi (pariwisata) Rp103 miliar dan juga untuk kegiatan turisme sebesar Rp25 miliar dan 'influencer' sebanyak Rp72 miliar," ungkap Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Insentif lainnya yaitu untuk wisatawan mancanegara dengan alokasi tambahan sebesar Rp298,5 miliar yang terdiri dari alokasi untuk maskapai dan agen perjalanan diberikan diskon khusus ataupun semacam insentif totalnya Rp98,5 miliar.

[bim]

Baca juga:
Jokowi Sebut Evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess Tidak Bisa Tergesa-gesa
Persiapan Satgas Bantuan Kemanusiaan Evakuasi WNI Terinfeksi Corona
Tentara Amerika Terinfeksi Virus Corona di Korea Selatan
Video Menteri Iran Batuk dan Berkeringat Saat Konferensi Pers karena Corona
Beri Diskon Tiket Pesawat, Pemerintah Harap Jumlah Penumpang Naik 20 Persen
Atasi Dampak Virus Corona, LIPI Dorong Pemerintah Sebar Travel Fair di Dunia
Ini Daftar Lengkap Negara-Negara di Dunia yang Sudah Dimasuki Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini