Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat di Rp14.548 per USD

Senin, 19 April 2021 15:47 Reporter : Anggun P. Situmorang
Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat di Rp14.548 per USD rupiah. shutterstock

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah ditutup menguat 17 poin dilevel Rp14.548 per USD dari penutupan sebelumnya dilevel Rp14.565 per USD. Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi namun ditutup menguat direntang Rp14.525 hingga Rp14.580 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro yang diterapkan oleh pemerintah sejak 9 Februari 2021 lalu hingga saat ini, tidak serta merta menghentikan proses pemulihan ekonomi.

"Namun dari sinilah titik balik proses pemulihan dimulai. Dengan meredanya kasus Covid-19 karena kebijakan PPKM, perekonomian justru secara bertahap bisa kembali pulih," ujar Ibrahim, Jakarta, Senin (19/4).

Pemerintah memang harus mengutamakan pengendalian pandemi terlebih dahulu. Hal tersebut yang selalu didengungkan oleh Presiden Joko Widodo. selama dua bulan terakhir kasus Covid-19 terus menurun.

"Setelah sempat mengalami peningkatan yang tinggi hingga belasan ribu kasus baru per hari, sekarang jumlah kasus mereda hingga 4 ribuan kasus baru," jelas Ibrahim.

Penurunan tersebut, tidak bisa dilepaskan dari kebijakan PPKM sekala Mikro yang diterapkan oleh Pemerintah. Sementara dari sisi ekonomi, proses pemulihan ekonomi masih berlanjut dan beberapa indikator mengkonfirmasi hal tersebut, seperti Indeks PMI selama tiga bulan terakhir di zona ekspansi.

"Penjualan kendaraan bermotor pada bulan Maret bahkan meningkat sangat besar dipicu kebijakan stimulus pelonggaran PPnBM. Diperkirakan demikian juga dengan penjualan properti," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini