Mundur dari Jabatan CEO, Ini Perjalanan Jeff Bezos Bangun Amazon

Kamis, 4 Februari 2021 06:00 Reporter : Merdeka
Mundur dari Jabatan CEO, Ini Perjalanan Jeff Bezos Bangun Amazon Jeff Bezos. CNBC©2015

Merdeka.com - Orang terkaya di dunia, Jeff Bezos mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan CEO Amazon, Senin (1/2) lalu. Nantinya, jabatan CEO akan diisi oleh Andy Jessy, CEO dari anak usaha Amazon di layanan Cloud, Amazon Web Service terhitung kuartal ketiga tahun ini.

Meski mundur dari posisi CEO, Jeff Bezos masih akan terlibat dalam berbagai aktivitas bisnis Amazon lainya. Selain akan menjabat sebagai excutive chairman perusahaan, pebisnis yang terkenal dengan kepala plontosnya ini akan lebih fokus mengembangkan Day 1 Fund, The Washington Post, Bezos Earth Fund, juga Blue Origin.

Bezos mendirikan Amazon pada tahun 1995 yang saat itu hanya fokus pada penjualan buku secara online. Seiring waktu, Amazon mulai mengembangkan bisnisnya hingga lahir sebagai salah satu perusahaan paling berpengaruh di dunia dengan valuasi USD 1,7 triliun. Kesuksesan Amazon jugalah yang berhasil membawa Bezos menjadi orang terkaya di dunia.

Pengumuman kemunduran Bezos tersebut bersamaan dengan rilisan laporan pendapatan perusahaan. Amazon membukukan kinerja positif melebihi prediksi Wall Street sebagai salah satu korporasi yang paling menangguk untung dibalik tantangan ekonomi akibat Pandemi Covid-19.

Dikutip dari CNN, penjualan bersih Amazon naik 44 persen dari periode yang sama tahun lalu menjadi USD 125,6 miliar. Angka ini jauh lebih besar dari prediksi Wall Street sebesar USD 119,7 miliar. Begitupun dari pendapatan bersih perusahaan yang membukukan USD 7,2 Miliar, hampir dua kali lipat lebih dari prediksi Wall Street sebesar USD 3,7 Miliar.

Baca Selanjutnya: Sosok Andy Jassy...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini