Meski Hilang Rp 536 Triliun, Pria ini Tetap Jadi Orang Terkaya Dunia

Kamis, 11 Juli 2019 06:00 Reporter : Merdeka
Meski Hilang Rp 536 Triliun, Pria ini Tetap Jadi Orang Terkaya Dunia Ilustrasi orang terkaya. ©Giphy

Merdeka.com - Miliarder Jeff Bezos baru saja bercerai dengan istrinya, MacKenzie Bezos. Kekayaan orang terkaya dunia ini pun berkurang seperempat karena secara hukum dia wajib membagi harta gono-gini.

Dilaporkan Bloomberg, Jeff Bezos memberikan harta gono-gini sebesar USD 38 miliar atau Rp 536,4 triliun (USD 1 = Rp 14.118) kepada MacKenzie Bezos yang dia nikahi pada 1993 lalu. Hasilnya, MacKenzie Bezos menjadi salah satu wanita terkaya di dunia. Sementara, kekayaan Jeff Bezos menurun Rp 536,4 miliar.

Meski demikian, penurunan kekayaan itu tidak menggeser posisi Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia. Bloomberg Billionaire Index mencatat kekayaan Bezos adalah USD 122 miliar (Rp 1.722,1 triliun).

Kekayaan Jeff Bezos juga masih tetap di atas USD 100 miliar. Sebelumnya, dia diperkirakan akan keluar dari klub seratus miliar dolar akibat perceraian ini.

©REUTERS

Negara bagian Seattle, tempat Jeff dan MacKenzie tinggal, memiliki hukum agar pasangan yang bercerai untuk membagi harta selama pernikahan. Namun, MacKenzie puas dengan USD 38 miliar dan berjanji menyumbang setengah harta itu.

MacKenzie tercatat merupakan bagian dari Giving Pledge, sebuah inisiatif dari Warren Buffett dan Bill Gates agar para orang terkaya di dunia mau menyumbangkan sebagian besar hartanya untuk urusan kemanusiaan. Sementara, Jeff Bezos tidak mengikuti program tersebut.

Sekadar informasi, MacKenzie menjadi salah satu orang terkaya di dunia setelah bercerai dari pendiri Amazon Jeff Bezos, awal tahun ini. Pada Indeks Miliarder Bloomberg, MacKenzie berada pada posisi ke 22.

Perihal kekayaan barunya MacKenzie menyebut, "Saya memiliki jumlah uang yang tidak setimpal untuk dibagikan."

Dalam suratnya, dia menambahkan, "Pendekatan saya untuk filantropi akan terus saya lakukan. Itu memang membutuhkan waktu, usaha, dan perhatian. Namun saya tidak akan menunggu hingga harta saya habis."

Sementara itu, dalam akun Twitternya, Jeff Bezos memuji keputusan sang mantan istri. "MacKenzie sangat luar biasa dan bijaksana, serta efektif dalam filantropi dan saya bangga padanya," kata Bezos dalam cuitannya.

MacKenzie merupakan satu dari 19 orang terkaya yang ikut menandatangani Giving Pledge, pada 28 Mei 2019.

Selain MacKenzie, pendiri WhatsApp Brian Acton, pendiri Pinterest Paul Sciarra, dan CEO Coinbase Brian Armstrong ikut menandatangani komitmen amal tersebut.

"Kemurahan hari kelompok ini merupakan refleksi dan inspirasi, guna menciptakan dunia yang lebih baik bagi orang lain, yakni dengan pengorbanan pribadi yang besar," tutur salah satu orang terkaya dunia Warren Buffett dalam pernyataannya.

Reporter: Tommy Kurnia
Sumber: Liputan6 [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini