Menteri Basuki Soal Pembangunan IKN: Jokowi Tak Suka Groundbreaking

Kamis, 11 Agustus 2022 16:36 Reporter : Merdeka
Menteri Basuki Soal Pembangunan IKN: Jokowi Tak Suka Groundbreaking Menteri Basuki. Fikri Faqih©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, angkat bicara soal kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang bakal memulai groundbreaking pembangunan IKN Nusantara dalam waktu dekat. Dia mengaku masih belum tahu lebih lanjut soal rencana tersebut.

"Ada groundbreaking atau enggak kami masih belum tahu. Kalau groundbreaking kan Presiden enggak suka groundbreaking. (Dia) enggak pernah groundbreaking," kata Menteri Basuki di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (11/8).

Menurut pengalamannya dalam melaksanakan tugas pembangunan infrastruktur, Jokowi tak ingin suatu proyek terlalu fokus pada proses peletakan batu pertama, namun implementasinya tidak jalan.

"Tapi pak Presiden selama ini susah. Beliau enggak suka (groundbreaking). Meninjau yang sudah jalan, iya. Tapi kalau untuk mulai (groundbreaking) beliau enggak. Karena beliau beberapa kali di Tol Bocimi, groundbreaking ternyata sudah empat kali enggak jalan-jalan," ujarnya.

Sebelumnya, kabar terkait Jokowi yang bakal bertolak ke Kalimantan Timur pada Agustus 2022 ini untuk memulai groundbreaking pembangunan IKN marak beredar.

Bila merujuk lebih ke belakang, isu groundbreaking pembangunan IKN sudah mengemuka sejak April 2021. Kala itu, eks Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman memastikan, ground breaking atau peletakan batu pertama Istana Negara di ibu kota baru akan dilakukan pada tahun tersebut.

Fadjroel mengatakan, persiapan untuk ground breaking sudah lancar, baik dari Kementerian PUPR maupun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

"Ibu Siti Nurbaya (Menteri LHK) yang menangani untuk lingkungan hidup dan sekarang juga beliau sudah membuat semacam kebun hutan untuk penanaman kembali nanti beberapa lingkungan hutan yang rusak," kata Fadjroel dalam video di instagramnya, Sabtu (17/4).

"Karena 70 persen nanti IKN itu adalah hutan hijau karena dia jadi paru-paru dunia," sambung Fadjroel.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Pembangunan IKN Bisa Dimulai Bulan Depan Usai Penetapan Tender
Jokowi Resmikan Terminal Kijing, Pembangunannya Telan Biaya Rp2,9 Triliun
Intip Persiapan Piala Dunia U-20 di Surabaya, Kawasan Bau Sampah Diubah Jadi Rindang
Ganjar Ungkap Pertumbuhan Ekonomi Jateng Naik Tak Lepas dari Peran Petani
Jokowi Minta Semua Proyek Selesai 2023 agar TaK Ganggu Proses Pemilu
Tol Serang Panimbang Pangkas Waktu Tempuh Jakarta-Tanjung Lesung Jadi 3 Jam

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini